Senin, 23 Mei 22

Berhasil Curi Cetak Biru Produk Apple, REvil Minta Tebusan US$50

Berhasil Curi Cetak Biru Produk Apple, REvil Minta Tebusan US$50
* Pakar keamanan siber Pratama Persadha. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, obsessionnews.com – Sejak sepekan terakhir ramai beredar kabar perusahaan pemasok perangkat Apple, yakni Quanta, diretas oleh sekelompok geng peretas bernama REvil. Geng hacker tersebut melalui skema ransomware berhasil mencuri cetak biru produk Apple. Akibatnya setiap harinya blueprint produk Apple tersebut diunggah secara bertahap di forum peretas (dark web). REvil juga kemudian meminta tebusan US$50 juta atau Rp726 miliar.

Pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan, serangan ransomware serupa bisa saja menimpa berbagai perusahaan swasta dan lembaga negara di tanah air. Pada kasus ini  pihak peretas telah memberi Apple tenggat waktu hingga 1 Mei untuk membayar tebusan.

“Kita lihat apakah Apple akan membayarnya seperti kasus Garmin tahun lalu yang membayar jutaan dollar uang tebusan kepada penyerang layanan Garmin. Walaupun itu akan membuka pintu pelaku kejahatan untuk lebih banyak melakukan pemerasan secara terus-menerus, karena kunci perusahaan ada di tangan para pelaku penyerangan,” kata Pratama dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Jumat (30/4/2021).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.