Minggu, 5 Desember 21

Berdiri di Atas Tank Indonesia 1, Jokowi Saksikan Pendaratan Pasukan Marinir

Berdiri di Atas Tank Indonesia 1, Jokowi Saksikan Pendaratan Pasukan Marinir
* Presiden Jokowi menghadiri latihan Armada Jaya TNI AL ke-34 Tahun 2016 di Situbondo, Jatim, Kamis (15/9/2016).

Situbondo, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi pada hari kedua kunjungan kerjanya ke Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (15/9/2016), berkesempatan meninjau pantai Banongan untuk menyaksikan proses pendaratan pasukan Marinir dan penembakan artileri dalam lanjutan latihan Armada Jaya ke-34 Tahun 2016.

Didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Presiden menumpangi tank bertuliskan Indonesia 1.

Presiden berdiri di bagian depan tank sambil mengenakan jaket biru dan topi di bagian kepala. Tank yang membawa rombongan terbatas bergerak dari pantai Banongan menuju pos titik tinjau T.12 sebagai pusat latihan tempur Karang Tekok, Baluran.

Di lokasi ini Presiden Jokowi menyaksikan penembakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AL dan demo Pasukan Marinir. Diakhiri dengan menuliskan pesan dan kesan di kain kanvas.

Usai meninjau latihan Armada Jaya ke-34 Tahun 2016, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas akan menuju Helipad Puslatpurmar 5 Baluran, Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih. Selanjutnya menuju bandar udara Internasional Juanda Surabaya dengan menumpangi helikopter Super Puma TNI AU.

TNI Angkatan Laut menggelar latihan perang Armada Jaya berlangsung pada 13-16 September 2016 dengan melibatkan sekitar 7.558 prajurit TNI AL serta berbagai macam alutsista atau material tempur.

Ke-7.558 personil TNI AL yang dilibatkan dalam latihan perang ini, diantaranya dengan rincian 800 personil pelaku latihan posko latposko dan 6.758 personel pelaku manuver lapangan.

Untuk alutsista TNI AL yang digunakan antara lain 40 unsur KRI dari berbagai jenis, 9 pesawat udara dan helikopter, 69 kendaraan tempur dan 78 kendaraan taktis marinir.

Latihan ini mengambil tema TNI AL melaksanakan operasi pertahanan pantai, operasi laut gabungan, operasi amfibi, dan operasi pendaratan administrasi di wilayah timur Indonesia, dalam rangka mempertahankan kedaulatan NKRI. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.