Minggu, 25 September 22

Berbeda, Jadwal Penerbangan Pesawat di Bandara dengan Milik Pemerintah

Berbeda, Jadwal Penerbangan Pesawat di Bandara dengan Milik Pemerintah

Jakarta – Pelaksana tugas Dirjen Perhubungan Udara Djoko  Muriatmodjo mengakui banyak maskapai yang memiliki jadwal penerbangan yang berbeda dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan, seperti kesalahan penerbangan yang dilakukan oleh AirAsia QZ8501 rute Surabaya ke Singapure.

‎”Memang kadang data penerbangan yang ada di bandara berbeda dengan yang dimiliki Kemenhub,” ujarnya di Jakarta, Senin (5/1/2015).

Karena itu kata Djoko, Kemenhub telah mengirimkan tim investigasi dengan meminta keterangan kepada para pihak, untuk mengatahui siapa orang yang paling bertanggung jawab terkait izin ilegal maskpai AirAsia. Dari berbagai keterangan kesalahan jadwal penerbangan juga diduga dilakukan oleh maskapai lain.

“Kami akan periksa, siapa orang yang bertanggung jawab atas pengeluaran izin itu,” katanya.

Sementara pesawat AirAsia rute Surabaya ke Singapure telah dibekukan oleh Kemenhub begitu juga sebaliknya. Djoko meminta selama hasil evaluasi dan investigasi belum tuntas, pihak AirAsia tidak boleh banyak memberikan komentar. Pasalnya, AirAsia juga melakukan kesalahan lain karena tidak mengambil berita cuaca dari BMKG sebelum lepas landas.

Diketahui, berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU.008/30/6/DRJU.DAU-2014 tanggal 24 Oktober 2014 tercatat bahwa izin penerbangan rute Surabaya Singapure PP yang diberikan kepada Indonesia AirAsia adalah sesuai jadwal penerbangan yakni Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

‎Namun, pihak AirAsia justru meminta izin penerbangan pada Minggu 28 Desember 2014. “Ini kan berarti antara aturan dan pelaksananya beda,”‎jelasnya.

Djoko menegaskan, jika pada hasil investigasi nanti ternyata ditemukan pelanggaran oleh maskpai lain. Maka kata dia, pemerintah dalam hal ini Kemenhub tidak segan mencabut izin penerbangan bagi semua maskapai yang dinyatakan bersalah karena tidak mematuhi aturan yang ada. (Abn)

Related posts