Jumat, 19 April 24

Berbagai Prediksi Hilangnya Pesawat AirAsia QZ8501

Berbagai Prediksi Hilangnya Pesawat AirAsia QZ8501

Jakarta – Hilangnya Pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ 8501 tujuan Surabaya ke Singapore, secara teknis penerbangan bisa saja terjadi akibat beberapa hal. Yakni, Technical Reason yang menyebabkan pesawat Crash dan Crew Pilotnya melakukan pendaratan darurat di suatu tempat.

“Kejadian Hilangnya Pesawat AirAsia pada posisi Cruise bisa juga terjadi karena Weather Phenomenon yang tiba-tiba berubah sehingga menyebabkan  pesawat kehilangan tenaganya dan kemungkinan selamat bisa saja terjadi jika Pilotnya mampu melakukan procedur pendaratan darurat dengan baik,” kata Mantan Instruktur Flight Safety, FX Arief Poyuono yang juga Ketua Umum FSP BUMN Bersatu, Minggu (28/12/2014).

Menurutnya, accident pesawat AirAsia dalam posisi Cruising level diatas ketinggian lebih dari 30.00 feet juga bisa terjadi akibat sebuah sabotage aksi teroris misalnya diledakkan dengan bom  yang meledak saat posisi Cruise level ini sangat dimungkinkan karena Indonesia belum aman dari ancaman serangan Teroris. “Sebab, tidaklah berselang lama dengan ancaman ISIS terhadap TNI dan Polri,” duganya.

Sebab, lanjut dia, menurut statistik tentang kecelakaan pesawat yang dikeluarkan oleh ICAO dalam 10 tahun terakhir ini kecelakaan pesawat dalam posisi Cruise sangatlah kecil sekali prosentasenya. “Dan terjadinya accident dalam posisi cruise level karena sabotage, dibajak atau ditembak dengan rudal dari darat,” tambahnya.

Karena itu, tegas Arief, penyelidikan pesawat AirAsia yang hilang kontak  harus melibatkan BAIS, Densus 88 serta BIN untuk mencari hilangnya pesawat tersebut yang kemungkinan disabotage.

“Bagasi  penumpang  dan kargo yang  mengandung bahan eksplosive yang tidak terdeteksi dengan baik oleh security atau tidak dilaporkan oleh penumpang atau perusahaan jasa kargo sehingga tidak dipacking sesuai aturan bisa juga penyebab accident pesawat saat cruise level,” jelasnya.

“Semoga saja semua prediksi salah tetapi yang terjadi  pesawat melakukan pendaratan darurat akibat sesuatu hal dan kita harapkan  selamat semua dan tim SAR cepat menemukan mereka,” imbuhnya. (Ars)

 

Related posts