Jumat, 19 April 24

Benzema Raih Ballon d’Or 2022 dan Nama-nama Urutan Nominasi

Benzema Raih Ballon d’Or 2022 dan Nama-nama Urutan Nominasi
* Karim Benzema. (Facebook)

Striker Real Madrid itu sukses meraih Bola Emas di Paris, Selasa (18/10), lantas nomine lainnya finis peringkat berapa?

Benzema meraih penghargaan karena berperan utama membawa Madrid memenangi Liga Champions dan La Liga, sekaligus mengangkat trofi Nations League bareng Prancis pada Oktober 2021.

Namun, Benzema hanya salah satu dari 30 nomine penghargaan individual paling prestisius di sepak bola ini, dan France Football telah mengungkap peringkat lengkap semua nomine setelah pemungutan suara akhir.

Peraih tujuh Ballon d’Or Lionel Messi dan rekan satu timnya di Paris Saint-Germain, Neymar, sama-sama tak masuk, tetapi daftar ini masih dipenuhi oleh bintang-bintang terbaik dan terbesar di sepak bola.

=25. Antonio Rudiger – Real Madrid
Sempat dibekukan Frank Lampard, Rudiger menjelma salah satu bek sentral terbaik dunia di bawah Thomas Tuchel. Performa apiknya di Chelsea membuat Real Madrid kepincut dan memboyongnya gratisan di musim panas.

=25. Joao Cancelo – Manchester City
Didatangkan sebagai bek kanan tiga tahun lalu, Cancelo berkembang menjadi salah satu bek kiri terbaik dunia, dengan kemampuannya untuk memotong ke dalam dan menyumbang sejumlah gol dan assist yang bahkan tak bisa dicapai berbagai gelandang.

=25. Christopher Nkunku – RB Leipzig
Nkunku mengalahkan Robert Lewandowski untuk memenangkan Pemain Terbaik Bundesliga musim kemarin setelah melakoni kampanye yang subur bersama RB Leipzig. Puncaknya, ia juara DFB-Pokal pada Mei.

=25. Joshua Kimmich – Bayern Munich
Kimmich masih menjadi salah satu pesepakbola paling underrated di dunia usai memainkan peran kunci membawa Bayern mengklaim gelar Bundesliga ke-10 berturut-turut.

=25. Darwin Nunez – Liverpool
Dengan 34 gol di semua kompetisi, Nunez menjelma menjadi bintang dunia di musim terakhirnya bersama Benfica. Ketajaman tersebut membuat Liverpool berani menggelontorkan harga mahal demi jasanya.

=25. Mike Maignan – AC Milan
Banyak yang mengira AC Milan akan kesulitan menggantikan Gianluigi Donnarumma, tetapi Maignan terbukti menjadi rekrutan jempolan bagi Rossoneri setelah kiper Prancis ini memenangkan gelar liga kedua dalam dua tahun. Sebelumnya ia memenangkan Ligue 1 bareng Lille di 2021.

=22. Phil Foden – Manchester City
Meski memenangkan empat gelar liga sebelum ulang tahun ke-22, sepertinya fans di luar penggemar Liga Primer Inggris masih belum mengapresiasi kebolehan Foden. Bintang City ini potensial memenangkan Ballon d’Or di masa depan.

=22. Bernardo Silva – Manchester City
Dari nyaris meninggalkan Man City, Bernardo Silva berubah menjadi penampil paling konsisten hanya dalam beberapa pekan saat mereka kembali menjuarai Liga Primer.

=22. Trent Alexander-Arnold – Liverpool
Dengan 20 assist lebih buat The Reds dan Inggris sepanjang 2021/22, Alexander-Arnold terus mendobrak batasan seorang full-back menyerang.

21. Harry Kane – Tottenham
Setelah start lamban, Kane meledak di paruh kedua musim lalu, dengan kemampuan playmaking-nya hampir lebih krusial bagi Tottenham dibanding goalscoring-nya.

20. Cristiano Ronaldo – Manchester United
Meski Man United menjalani musim yang lagi-lagi buruk, Ronaldo mampu menantongi 24 gol di semua kompetisi dan menjadi topskor sepanjang masa sepakbola internasional pria di awal musim.

=17. Casemiro – Manchester United
Casemiro kembali menjadi bagian penting mesin Real Madrid saat Los Blancos mengawinkan trofi domestik dengan trofi Eropa di musim terakhirnya di Santiago Bernabeu.

=17. Luis Diaz – Liverpool
Diaz memang baru tiba di Liverpool Januari kemarin dari Porto, tetapi sosoknya terbukti game-changer bagi Si Merah. Ia mencetak gol dan assist penting dalam misi mereka meraih quadruple.

=17. Dusan Vlahovic – Juventus
Vlahovic nyaris mustahil dihentikan bagi Fiorentina di paruh pertama musim kemarin, dan meski ia tak selalu bisa mereplikasi performa tersebut untuk Juventus setelah dibeli mahal-mahal di bursa Januari, ia tetap menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya bisa menjadi striker megabintang Bianconeri yang selanjutnya.

16. Virgil van Dijk – Liverpool
Kembali dari cedera dan kembali ke performa terbaiknya, Van Dijk mengamankan statusnya sebagai bek sentral premium dunia dalam musim Liverpool yang nyaris quadruple.

=14. Fabinho – Liverpool
Sosok tenang di jantung lini tengah Liverpool, Fabinho juga sesekali menyumbang gol-gol penting, termasuk di semi-final Liga Champions kontra Villarreal.

=14. Rafael Leao – AC Milan
Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Serie A setelah membantu AC Milan meraih Scudetto pertama dalam 11 tahun.

13. Sebastien Haller – Borussia Dortmund
Haller menjadi bintang kejutan 2021/22 saat ia memecahkan berbagai rekor gol di Liga Champions sembari membantu Ajax juara Eredivisie sebelum hijrah ke Borussia Dortmund.

12. Riyad Mahrez – Manchester City
Topskor Man City di semua kompetisi di 2021/22, Mahrez melupakan kegagalan memalukan di Piala Afrika bersama Aljazair untuk memainkan peran kunci bagi pasukan Pep Guardiola memenangkan gelar liga.

11. Son Heung-min – Tottenham
Topskor bersama EPL 2021/22, permainan Son melejit untuk membantu Spurs kembali ke Liga Champions di bawah Antonio Conte.

10. Erling Haaland – Manchester City
Meski cedera menginterupsi musim terakhir Haaland di Borussia Dortmund, ia masih bisa mencatatkan statistik satu gol per laga di Bundesliga sebelum hijrah ke Man City.

9. Luka Modric – Real Madrid
Pemenang Ballon d’Or 2018 ini seolah kembali muda musim lalu, mempertontonkan rentetan penampilan kelas dunia di usia 36 tahun saat Madrid jadi juara Spanyol dan Eropa.

8. Vinicius Junior – Real Madrid
Dalam musim breakout-nya yang bertabur gol dan assist, Vinicius menyimpan gol terpentingnya menjadi gol terakhirnya kala mencetak gol semata wayang di final UCL.

7. Thibaut Courtois – Real Madrid
Courtois menutup musim yang luar biasa dengan penampilan Man of the Match di final Liga Champions, dan meraih Yachine Trophy di seremoni Ballon d’Or Selasa (18/10) dini hari tadi sebagai kiper terbaik dunia.

6. Kylian Mbappe – Paris Saint-Germain
Satu-satunya anggota trisula maut PSG yang masuk daftar nomine, Mbappe mampu bersinar di saat Lionel Messi dan Neymar meredup saat ia memenangkan berbagai trofi di klub dan di level internasional musim lalu.

5. Mohamed Salah – Liverpool
Bisa dibilang pemain terbaik dunia sepanjang paruh pertama musim lalu, Salah tetap menjadi pemain kunci bagi Liverpool meski menemui kekecewaan di panggung internasional bersama Mesir.

4. Robert Lewandowski – Barcelona
Lewandowski kembali menorehkan gol kepala lima dalam musim yang menjadi musim terakhirnya di Bayern Munich, tapi itu masih belum cukup untuk menghadirkan Ballon d’Or pertamanya.

3. Kevin De Bruyne – Manchester City
De Bruyne cukup moncer di paruh pertama musim kemarin sebelum meledak di paruh kedua di mana ia mencetak berbagai gol krusial di Liga Primer dan Liga Champions untuk Man City.

2. Sadio Mane – Bayern Munich
Musim terakhir Mane di Liverpool dimulai cukup lamban, tetapi ia kembali ke level terbaiknya usai memandu Senegal juara Piala Afrika di bulan Januari.

1. Karim Benzema – Real Madrid
Sebuah musim yang luar biasa dari Benzema, yang mencetak 40 gol lebih buat klub dan negara sembari menyumbang rentetan assist dalam perjalanan meraih medali juara Liga Champions, La Liga, dan UEFA Nations League. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.