Jumat, 3 April 20

Benoa Maritime Tourism Hub Perkuat Pariwisata Bali

Benoa Maritime Tourism Hub Perkuat Pariwisata Bali
* Pelabuhan Benoa, Bali. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pembangunan proyek Benoa Maritime Tourism Hub di Pelabuhan Benoa diharapkan akan semakin memperkuat sektor pariwisata Bali secara keseluruhan.

Gubernur Bali, I Wayan Koster menegaskan, pihaknya akan menggandeng sejumlah stakeholder untuk membangun Benoa Maritime Tourism Hub.

“Kami menggandeng sejumlah pihak seperti Kemenparekraf, Kementerian BUMN, BKPM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta Pelindo untuk membangun Benoa Maritime Tourism Hub,” I Wayan Koster dalam keterangan tertulis Kemenparekraf yang diterima obsessionnews.com, Minggu (16/2/2020).

Terkait ketersediaan infrastruktur, Koster menjelaskan, pihaknya juga telah menggandeng sejumlah pihak untuk mendukung hal tersebut. Sebut saja ketersediaan fasilitas bandara, jalan tol, serta pelabuhan yang tersedia sehingga kegiatan perekonomian terutama pariwisata di Bali berjalan dengan lebih baik.

“Khusus untuk infrastruktur yang terhubung dengan laut, selayaknya Bali memiliki fasilitas pelabuhan yang memungkinkan kapal besar seperti yacht dan cruise untuk bersandar,” ucapnya.

Hal ini akan terus didorong agar cepat terlaksana sehingga laju pengembangan pariwisata semakin cepat.

Melihat kondisi pariwisata di Bali saat ini menghadapi berbagai tantangan, maka untuk meminimalisasi dampak negatifnya, pengelolaan pariwisata Bali harus terus diperbaiki sehingga meningkat kualitasnya.

“Salah satunya melalui pengelolaan infrastruktur sebagai pendukung utama,” tuturnya.

Sebab daya tarik pariwisata Bali sangat kuat. Saat ini, sumbangan pariwisata terhadap PDB Bali mencapai 55 persen.

Selain itu, Bali juga menjadi salah satu pintu utama masuknya wisman ke Indonesia sebanyak 39 persen. “Maka, kita perlu mendukungnya dengan ketersediaan infrastruktur yang terbilang mendesak,” tambah Koster. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.