Selasa, 7 Mei 24

Bendungan Lausimeme Diproyeksikan Dapat Sediakan Air Baku 3.000 Liter/Detik

Bendungan Lausimeme Diproyeksikan Dapat Sediakan Air Baku 3.000 Liter/Detik
* Pembangunan Bendungan Lausimeme di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). (Foto: FB Kementerian PUPR)

Jakarta, obsessionnews.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gencar membangun bendungan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya yan tengah digarap adalah pembangunan Bendungan Lausimeme di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN)..

 

Baca juga:

Kementerian PUPR Mulai Konstruksi Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo

Kementerian ATR/BPN Jelaskan Proses Pengadaan Tanah Proyek Bendungan Bener

 

 

Dikutip dari akun Facebook Kementerian PUPR, Kamis (10/3/2022), bendungan Lausimeme merupakan bendungan tipe urugan pertama karya anak bangsa di Sumut yang dibangun dengan skema dana APBN.

Bendungan dibangun secara bertahap dalam dua paket dengan progress paket 1 saat ini sudah 28% dan paket 2 sebesar 69%. Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta m3 ini ditargetkan selesai pada 2023.

Bendungan Lausimeme diproyeksikan dapat menyediakan air baku 3.000 liter/detik untuk Kota Medan dan sekitarnya.

Yang tak kalah penting adalah Bendungan Lausimeme yang merupakan bagian dari sistem Medan Flood Control akan mendukung pengendalian banjir Kota Medan dan sekitarnya dengan mereduksi derasnya aliran air hulu Sungai Percut saat musim hujan sebesar 68,17 m3/detik.

Selain itu Bendungan Lausimeme juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik (PLTA minihidro) sebesar 2,90 MW dan mendukung sektor pariwisata di Sumut. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.