Minggu, 3 Juli 22

Bendung Gerak Kanal Banjir Barat Siap Beroperasi untuk Berbagai Fungsi

Bendung Gerak Kanal Banjir Barat Siap Beroperasi untuk Berbagai Fungsi
* Bendung Gerak Kanal Banjir Barat (KBB) yang berfungsi sebagai pengendali banjir Semarang, dan juga berfungsi sebagai pasokan air baku juga sebagai sarana olahraga air seperti perahu naga atau dayung. (Foto: Kementerian PUPR)

Semarang, obsessionnews.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana secara bertahap dan terpadu melakukan penanganan banjir Kota Semarang, Jawa Tengah. Salah satunya telah diselesaikannya pembangunan Bendung Gerak Kanal Banjir Barat (KBB) sebagai pengendali banjir Semarang, sebagai pasokan air baku juga sebagai sarana olahraga air seperti perahu naga atau dayung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan berfungsinya Bendung Gerak Kanal Banjir Barat ini akan mengurangi risiko banjir di Kota Semarang yang kerap terjadi saat curah hujan sangat tinggi.

“Katup yang bergerak membuka dan menutup pada bendung ini berfungsi menahan intrusi air laut, menjaga debit air serta penggelontoran (flushing) sedimen sungai untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Semarang,” terang Basuki dikutip dari siaran pers, Kamis (20/5/2021).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.