Kamis, 2 Desember 21

Benarkan Pernyataan SBY Soal Utang IMF, JK Salahkan Media

Benarkan Pernyataan SBY Soal Utang IMF, JK Salahkan Media

Langkawi, Obsessionnews – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia sudah tidak memiliki utang dari International Money Fund (IMF) sejak tahun 2006. Kepastian itu didapat setelah JK membaca catatan dari Bank Indonesia (BI).

“Ya memang kalau bank, pemerintah itu gak ada lagi utang pemerintah. Saya baca memang ada catatan di BI sebagai kewajiban BI sebagai anggota IMF, ujar Wapres JK sesaat sebelum kembali ke tanah air dari Bandara International Langkawi, Malaysia, Selasa (28/4/2015) malam.

Adapun utang dari IMF, menurut catatan BI merupakan kewajiban Iuran BI sebagai anggota IMF. Wapres JK menilai media salah kutip atas pernyataan Presiden Jokowi hingga memancing reaksi SBY atau bahkan justru sebaliknya presiden tidak diberikan informasi yang sesuai.

“Tapi bukan utang seperti punya uang begitu, kewajiban membayar iuran, karena kita memakai uang IMF kewajiban membayar uang tapi itu bi bukan pemerintah, pemerintah tidak ada,” tegas JK.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengoreksi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal utang Indonesia kepada International Money Fund (IMF). Kritikan disampaikan lewat akun twitternya, @SBYudhoyono.

SBY dalam kicauannya menulis “Maaf, saya terpaksa mengoreksi pernyataan Presiden Jokowi tentang utang IMF. Saya harus mengatakan bahwa pernyataan Pak Jokowi tersebut salah. Indonesia sudah melunasi semua utang kepada IMF pada tahun 2006 lalu,” sebut SBY.

Menteri Keuangan (Menkeu) RI Bambang Brodjonegoro juga menegaskan, hingga kini Indonesia tidak pernah lagi meminjam kepada IMF. Indonesia sudah tidak punya utang sejak delapan tahun lalu.

“Enggak ada utang IMF, kita tak pernah berutang ke IMF, ya sudah. Tidak ada yang itu, salah kutip, dibilang yang bilang kita masih punya utang ke IMF itu salah kutip,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.