Jumat, 2 Desember 22

Bela Muslim India, Pakistan Dukung Sikap Iran

Bela Muslim India, Pakistan Dukung Sikap Iran
* Warga Muslim India memprotes UU Amandemen Kewarganegaraan.

Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Qureshi mendukung sikap Iran yang mengecam kekerasan terorganisir terhadap warga Muslim di India.

Seperti dikutip IRNA, Qureshi dalam sebuah pesan di akun Twitternya, Selasa (3/3/2020) malam, menyatakan ia sepenuhnya mendukung pernyataan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif bahwa pemerintah India harus menciptakan kesejahteraan untuk semua orang India, terutama masyarakat Muslim.

Menurutnya, India berada dalam pergolakan kekerasan komunal yang serius. “Pembunuhan yang kejam dan sistemik terhadap warga Muslim adalah tidak manusiawi dan berbahaya bagi seluruh kawasan,” tegas Qureshi.

Menlu Iran pada Senin lalu, mengutuk gelombang kekerasan terorganisir terhadap warga Muslim India.

“Selama berabad-abad, Iran telah menjadi teman India. Kami mendesak otoritas India untuk memastikan kesejahteraan semua orang India dan tidak membiarkan premanisme yang tidak masuk akal menang,” tandas Zarif di akun Twitter-nya.

Dia menambahkan, jalan ke depan terletak pada dialog damai dan menjunjung tinggi hukum.

Selama beberapa hari terakhir, bentrokan berdarah antara pendukung dan penentang RUU Amandemen Kewarganegaraan telah menewaskan lebih dari 43 dan melukai ratusan orang lainnya.

Para ekstremis Hindu merusak masjid-masjid di timur laut New Delhi dan menyerang pemukiman warga Muslim. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.