Senin, 8 Maret 21

Bekuk Liverpool 3-2, Manchester United Melaju ke Putaran Kelima Piala FA

Bekuk Liverpool 3-2, Manchester United Melaju ke Putaran Kelima Piala FA
* Gelandang Bruno Fernandes menjadi penentu sukses United melaju ke putaran kelima. (Foto: we)

Jakarta, Obsessionnews – Big match di babak keempat Piala FA, Manchester United vs Liverpool berakhir dengan skor 3-2, berjalan pertandingan di Old Trafford, Senin (25/1) dini hari WIB. Gelandang Bruno Fernandes menjadi penentu sukses United melaju ke putaran kelima.

Manajer Jurgen Klopp mengistirahatkan Sadio Mane pada laga kali ini. Posisi Mane di lini depan diisi oleh pemain muda Curtis Jones.

Sementara Ole Gunnar Solskjaer menyimpan Bruno Fernandes dan Anthony Martian di bangku cadangan. Sebagai gantinya, dia menurunkan Donny van de Beek dan Edinson Cavani di lini depan.

Permainan berjalan cukup immbang pada babak pertama. Jual beli serangan terjadi di lapangan. Liverpool berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-18.

Menerima umpan dari Roberto Firmino, Mohamed Salah berhasil mencongkel bola melewati penjaga gawang Dean Henderson.

Akan tetapi keunggulan tersebut hanya berlangsung delapan menit saja. Serangan balik cepat yang dilancarkan Manchester United membuat penjaga gawang Alisson harus memungut bola dari gawangnya.

Serangan tersebut berawal dari upaya Paul Pogba melakukan jegalan untuk mengambil bola dari kaki pemain Liverpool di pinggir kotak penalti United. Pogba lantas mengirim bola kepada Marcus Rashford yang melepaskan umpan panjang ke depan.

Mason Greenwood yang lolos dari jebakan offside lantas sukses mengeksekusi bola kiriman Rashford itu ke pojok kanan bawah gawang Alisson.

Pada akhir babak pertama, Manchester United nyaris unggul. Sayangnya sepakan Luke Shaw berhasil ditepis oleh Alisson sementara bola liar yang disambar oleh Scot McTominay berhasil diblok oleh lini belakang Liverpool. Skor 1-1 pun menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48, giliran Rashford yang membuat United unggul. Menerima umpan panjang dari Greenwood, Rashford berhasil menusuk sisi kanan kotak penalti The Kop dan menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang.

Akan tetapi keunggulan United juga tak bertahan lama. Sepuluh menit berselang Liverpool menyamakan kedudukan lewat gol kedua Salah.

Gol Salah berawal dari umpan Edinson Cavani yang berhasil dipotong oleh James Milner. Gelandang asal Inggris itu pun bola kepada Roberto Firmino yang berada di sisi kanan kotak penalti United. Firmino mengirim umpan silang mendatar ke tengah yang disambar oleh Salah.

Skor 2-2 membuat Solskjaer berupaya meningkatkan serangan. Dia menarik keluar Van de Beek dan Greenwood untuk memasukkan Bruno Fernandes dan Fred pada menit ke-66.

Strategi Solskjaer terbukti tepat. Fernandes kembali membawa United unggul pada menit ke-78. Tendangan bebasnya menembus gawang Liverpool tanpa bisa diantisipasi oleh Alisson.

Upaya Liverpool untuk menyamakan kedudukan tak berbuah hasil setelah Manchester United menarik seluruh pemainnya ke area permainan sendiri pada sepuluh menit akhir pertandingan. Skor 3-2 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandinan.

Hasil 3-2 pada laga Manchester United vs Liverpool itu menambah panjang rekor buruk Liverpool. Dari tujuh laga terakhir di semua kompetisi mereka tercatat hanya satu kali meraih kemenangan dan menderita tiga kekalahan. Sementara bagi Manchester United, hasil itu membawa mereka ke putaran kelima Piala FA, mereka akan menghadapi West Ham United pada 10 Februari 2021. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.