Rabu, 8 Desember 21

Begini Janji Direktur PT SMS ke Warga Kendeng Pati

Begini Janji Direktur PT SMS ke Warga Kendeng Pati

Semarang, Obsessionnews – PT Indocement Tunggal Prakarsa lewat anak usahanya PT Sahabat Mulia Sakti (SMS) masih bersikukuh jika pabrik semen yang dibangunnya di wilayah pegunungan Kendheng, Kabupaten Pati tidak mencemari air disekitarnya. Perusahaan nasional tersebut mengklaim jika nantinya akan meningkatkan ketahanan air di area pabrik, tamban dan wilayah sekitar terdampak proyek produksei semen.

PT SMS bahkan berjanji memberi tambahan air bagi masyarakat Kendeng dengan jumlah 600 ribu meter kubik setahun. Direktur Utama PT SMS, Budiono Hendranata menyatakan jika air tersebut didapat dari pembuatan embung tadah hujan yang juga bisa digunakan untuk menampung limpahan banjir sungai Juwana.

“Daya tampungnya akan mencapai 2,1 juta meter kubik per tahun,” kata dia, Rabu (15/6/2016).

Menurutnya, sistem penampungan air atau embung tersebut menjadi salah satu komitmen investasi perusahaan di Pati. Budiono juga mengklaim bila sumber mata air akan membaik dengan adanya embung tersebut.

“Indocement tidak akan menggunakan air bawah tanah. Kami bangun banyak embung di areal tambang dan pabrik untuk menampung air hujan untuk memenuhi kebutuhan air operasi pabrik dan kebutuhan air masyarakat,” sambungnya.

Selain itu, sistem penambangan akan bersifat “kering” dimana proses produksi tidak memakai bahan baku air. Air hanya digunakan untuk mendinginkan mesin dan dikembalikan lagi ke tempat penampungan air guna daur ulang.

Penambangan sendiri dijanjikan Budiono hanya berlangsung di zona batuan kering, tidak mencapai wilayah batuan basah. Setidaknya ada 13 sumur pantau untuk mengawasi kondisi air sebelum dan selama penambangan.

“Pada setiap tahapan proses ini, kami sangat berusaha mencegah pencemaran air,” tandasnya. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.