Minggu, 25 Oktober 20

Begini Cara Kerja Teknologi AI Lacak Hewan yang Terancam Punah

Begini Cara Kerja Teknologi AI Lacak Hewan yang Terancam Punah
* Wildlife Insights merupakan platform berteknologi AI (Artificial Intelligence) yang membantu melacak spesies yang terancam punah. (Foto: wildlifeinsights.org)

Jakarta, Obsessionnews.comGoogle bersama tujuh organisasi konservasi lingkungan terkemuka dari seluruh dunia meluncurkan platform konservasi baru, yakni Wildlife Insights pada Selasa (17/12/2019).

Wildlife Insights merupakan platform berteknologi AI (Artificial Intelligence) yang membantu melacak spesies yang terancam punah.

Baca juga: Lacak Hewan yang Terancam Punah, Google Luncurkan Teknologi AI

Dilansir dari laman resmi Google pada Rabu (18/12), sebanyak 80% gambar yang dihasilkan oleh kamera sensor gerak adalah gambar kosong. Inilah masalah yang perlu dipecahkan Wildlife Insights.

Lalu, bagaimana cara platform AI ini bekerja? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Konservasionis mengunggah data dari kamera sensor gerak di area konservasi mereka ke platform.
  2. Model machine learning (dibangun oleh peneliti dengan platform machine learning open source TensorFlow) kemudian secara otomatis mengidentifikasi hewan dalam gambar dan menghilangkan bagian yang kosong.
  3. Konservasionis dapat memperoleh statistik dari data mereka.
  4. Mereka juga dapat mengunduh data yang telah diproses untuk analisis lebih lanjut.

Konservasi satwa di Bukit Barisan, Sumatra Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan mencakup area seluas 355.511 ha dengan lanskap pegunungan di wilayah utara dan semenanjung di wilayah selatan. Suaka margasatwa ini adalah rumah bagi beberapa spesies ikonis seperti gajah Sumatra, badak Sumatra, harimau Sumatra, dan beruang madu. Memanfaatkan Wildlife Insights, hingga kini kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan telah dipasangi 87 kamera sensor gerak dan telah mengambil lebih dari 100 ribu foto.

Data tersebut dapat membantu para konservasionis untuk meninjau perkembangan dan menentukan tindakan yang harus diambil untuk menyelamatkan satwa. (Poy)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.