Senin, 28 September 20

Bebas Corona, 188 WNI eks ABK World Dream Siap Dipulangkan!

Bebas Corona, 188 WNI eks ABK World Dream Siap Dipulangkan!
* Evakuasi 188 WNI Pulau Sebaru ke KRI Semarang 594

Sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) eks Anak Buah Kapal (ABK) M.V. World Dream telah menyelesaikan proses observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kab. Kepulauan Seribu, tiba di Dermaga Kolinlamil, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menggunakan KRI Semarang 594, Sabtu (14/3/2020).

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Operasi Bantuan Kemanusiaan Pulau Sebaru menjelaskan bahwa 188 WNI eks ABK World Dream yang terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan, sampai saat ini negatif Virus Corona atau Covid-19.

“Mereka sebelumnya menjalani observasi terkait antisipasi penyebaran Virus Corona sejak tanggal 28 Februari 2020 hingga 13 Maret 2020 atau selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil. Sampai dengan akhir pemeriksaan, kondisi 188 WNI eks ABK M.V. World Dream dalam kondisi baik dan sehat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Laksdya TNI Yudo Margono secara resmi menyerahkan 188 WNI eks ABK World Dream kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Efendi yang diwakili oleh Deputi II Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, dalam kondisi baik dan sehat.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan sertifikat kesehatan bagi perwakilan WNI eks ABK M.V. World Dream, dengan mengatakan mereka sebagai Duta Imunitas Virus Corona (Covid-19).

Sebelumnya, Laksdya TNI Yudo Margono beserta para Asisten dari Sea Raider Kopaska meninjau dan menyaksikan langsung proses evakuasi, embarkasi, dan debarkasi 188 WNI ABK kapal pesiar World Dream dari Pulau Sebaru menuju KRI Semarang 594, Sabtu (14/3/2020) pukul 05.30 WIB.

Pangkogabwilhan I Tinjau Evakuasi 188 WNI Pulau Sebaru ke KRI Semarang 594

Dari Pulau Sebaru Kecil, Kab. Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, 188 WNI ABK World Dream yang sudah melaksanakan observasi dan dinyatakan sehat, dievakuasi dengan menggunakan Armada 2 Landing Craft Utility (LCU) dan 1 Landing Craft Vehicle Person (LCVP) menuju KRI Semarang 594 berjarak sekitar 1,2 kilometer dari Pulau Sebaru.

Selanjutnya, KRI Semarang 594 yang mengangkut 188 WNI ABK World Dream didampingi oleh Panglima Kogasgabpad beserta jajarannya, bergerak menuju Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan jarak tempuh sekitar tiga jam setengah.

Untuk menghilangkan kejenuhan dan membuat suasana gembira selama dalam perjalanan menuju Kolinlamil, Tanjung Priok, para WNI tersebut dihibur dengan musik band, berbagai permainan dan pembagian door prize. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.