Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

BCA Sumbangkan Gamelan ke FIB UI

BCA Sumbangkan Gamelan ke FIB UI
* Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Inge Setiawati (tengah) menyerahkan secara simbolis gamelan kepada Wakil Rektor UI Bidang SDM, Pengembangan dan Kerjasama Hamid Chalid (kedua kanan.

Jakarta, Obsessionnews – Mendukung pelestarian kesenian tradisional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan seperangkat gamelan untuk Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Gamelan tersebut guna mendukung aktivitas kesenian tradisional di UI, khususnya seni karawitan, tari dan wayang. Selain menyerahkan gamelan, BCA juga mendukung penyelenggaraan Gebyar Wayang Universitas Indonesia yang diselenggarakan pada hari yang sama.

“BCA terus membuktikan komitmen untuk melestarikan kesenian tradisional, salah satunya wayang sebagai kebudayaan Indonesia yang sarat akan nilai moral. Wayang bukan hanya warisan leluhur, namun wayang juga merupakan wujud kreativitas bangsa Indonesia. Sudah saatnya kebudayaan Indonesia ini semakin dicintai dan dilestarikan oleh masyarakat Indonesia dan semakin dikenal oleh wisatawan dari luar negeri,” kata Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2016).

Gebyar Wayang UI sendiri akan diisi dengan berbagai pertunjukan, di antaranya Wayang Potehi Lakon “Sun Go Kong Gadungan”, pertunjukan “Jaranan” Banyumasan, penampilan gamelan oleh tim karawitan UI, tari Lengger Banyumas, dan pagelaran Wayang Gagrag Banyumasan dengan Lakon “Akulah Srikandi”.

“Berbagai jenis pertunjukan dan keanekaragaman seni yang ditampilkan membuat para penonton akan melihat betapa kayanya dan indahnya kesenian tradisional Indonesia. Keindahan dan kekayaan ini tentunya harus diperkenalkan dari generasi ke generasi melalui acara-acara seperti ini. Hal inilah yang terus mendasari dukungan BCA pada kegiatan-kegiatan pelestarian seni dan budaya,” ujar Inge.

Gamelan tersebut akan dipergunakan untuk mendukung aktivitas kesenian tradisional di UI, khususnya seni karawitan, tari dan wayang. Selain menyerahkan gamelan, BCA juga mendukung penyelenggaraan Gebyar Wayang Universitas Indonesia yang diselenggarakan pada hari yang sama.
Gamelan tersebut akan dipergunakan untuk mendukung aktivitas kesenian tradisional di UI, khususnya seni karawitan, tari dan wayang. Selain menyerahkan gamelan, BCA juga mendukung penyelenggaraan Gebyar Wayang Universitas Indonesia yang diselenggarakan pada hari yang sama.

Dukungan pada UI  bukanlah yang pertama bagi BCA. Sebelumnya, melalui program Beasiswa Bakti BCA, BCA telah menyerahkan bantuan finansial bagi mahasiswa UI berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan program tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan. Beasiswa Bakti BCA meliputi uang kuliah (SPP) dan atau bantuan uang saku.

“Pada 2015 BCA memberikan beasiswa kepada 481 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2014/2015 dan 468 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2015/2016. Untuk memperluas wawasan para penerima beasiswa, BCA juga memfasilitasi program pengembangan soft skill di beberapa universitas tersebut, seperti: pelatihan, program mentoring dan juga seminar,” tutup Inge. (Aprilia R, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.