Minggu, 16 Mei 21

BCA Buka Peluang UMKM Bangkitkan Perekonomian Lewat BCA UMKM Fest

BCA Buka Peluang UMKM Bangkitkan Perekonomian Lewat BCA UMKM Fest
* Acara BCA UMKM Fest yang digelar secara virtual. (Foto: BCA)

Jakarta, obsessionnews.comPT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar acara BCA UMKM Fest mulai 16 April hingga 8 Mei 2021 di laman umkmfest.bca.co.id. kegiatan ini dilakukan untuk membuka peluang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan masyarakatdi Tanah Air untuk turut berkontribusimembangkitkan perekonomiannasional.Kegiatan virtual festival dan pameranoffline to online ini diikuti ribuan UMKMIndonesia dengan lebih dari 18.000produk unggulan.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA UMKM Fest merupakan wujud komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini, selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

“BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Karena keterbatasan ruang gerak yang ada saat ini, kami menghadirkan BCA UMKM Fest secara online, sebuah gerakan nyata dengan tujuan mulia, yaitu untuk membangkitkan motivasi dan optimisme para penggiat UMKM di Indonesia, serta mempercepat realisasi SDGs,” ujar Jahja dikutip dari majalah Men’s Obsession, edisi 207, Selasa (27/4/2021).

Jahja menambahkan, sebagai institusi keuangan yang lekat dengan masyarakat, BCA berkomitmen untuk dapat memberikan nilai tambah dan memiliki daya saing dengan kebutuhan pasar terkini bagi pegiat UMKM sebagai salah satu pendorong pergerakan ekonomi nasional.

Melalui kegiatan tersebut, BCA menyediakan ruang berkarya end-to-end bagi pegiat UMKM melalui BCA UMKM Fest. Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulannya melalui platform digital yang telah disiapkan, BCA juga memberikan pendampingan melalui beragam webinar, mentoring, hingga sesi Business Matching yang membuka BCA UMKM FEST GELARAN VIRTUAL UNTUK BANGKITKAN EKONOMI NASIONAL akses pasar bagi pegiat UMKM untuk melakukan ekspor.

Jahja menjelaskan, posisi UMKM bagi Indonesia saat ini sangat penting, terlihat dari besarnya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga 2018 lalu ada 116,97 juta orang atau 98% tenaga kerja berkegiatan di sektor ini. Sementara itu, UMKM berkontribusi 61,07% pada PDB.

“Kami sungguh berharap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan populasi terbesar di ASEAN dan ke-4 di dunia, tapi juga mampu berekspansi menembus pasar internasional,” ungkapnya.

Untuk Business Matching, BCAbekerja sama dengan Kedutaan BesarRepublik Indonesia, Konsulat JenderalRepublik Indonesia, InternationalTrade Promotion Center, dan BankKoresponden untuk menghadirkancalon buyer yang berasal dari 30 negara.

Saat ini 80 seller BCA siap untuk ekspor, nantinya para UMKM siap Ekspor akan melakukan pertemuan dan diskusi bisnis dalam sesi tersebut. Tak hanya itu, dalam webinar dengan topik UMKM siap ekspor, para peserta akan mendapatkan edukasi dan pelatihan sebagai bekal menjadi eksportir andal dari narasumber kredibel.

Selain memberikan nilai tambah bagimerchant peserta dari pegiat UMKM,pengunjung dapat mengeksplorasi lebihdari 18.000 produk unggulan dari 1.700merchant peserta; di antaranya ada lebihdari 7.500 produk food & beverage, 5.800produk fashion, 1.500 produk hobby,1.300 produk kesehatan dan kecantikan,400 produk aksesoris dan perhiasan, danmasih banyak produk menarik lainnya.

Selain itu, pengunjung juga dimanjakandengan potongan harga, programlelang, dan subsidi ongkir.Rangkaian kegiatan BCA UMKM Festdiawali dengan Virtual Press Conferenceyang dihadiri oleh Presiden DirekturBCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCASantoso, EVP Commercial & SME BCAsekaligus Ketua Panitia BCA UMKMFest Freddy Iman, serta EVP Secretariat& Corporate Communication BCAHera F. Haryn yang bertindak sebagaimoderator pada Kamis (15/4/2021).

Hadir secara virtual, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.