Jumat, 17 September 21

BCA Biayai Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan

BCA Biayai Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan

Malang, Obsessionnews – Kekuatan laut merupakan unsur terpenting bagi kemajuan dan kekayaan suatu negara. Apabila kekuatan laut tersebut diberdayakan, maka akan meningkatkan kesejahteraan dan keamanan suatu negara. Namun sebaliknya jika kekuatan laut diabaikan akan berimplikasi kerugian bagi suatu negara, atau bahkan meruntuhkan negara tersebut.

Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia yang dua pertiga wilayahnya merupakan wilayah lautan. Hal ini bisa terlihat dengan adanya garis pantai di hampir setiap pulau dengan total panjang kurang lebih 81.000 km. Tentu saja hal ini merupakan potensi besar untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Pembangunan sektor kelautan dan perikanan dari hulu hingga hilir terus digalakkan, karena sektor ini berprospek cerah dan menyerap banyak tenaga kerja. PT Bank Central Asia (BCA) ikut ambil bagian mendukung upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan dalam program JARING (Jangkau, Sinergi, dan Guideline). Program ini bertujuan meningkatkan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan, serta mendorong perluasan akses masyarakat terhadap sektor jasa keuangan.

Launching JARING dilaksanakan di Malang, Jawa Timur, Jumat (13/11/2015). Acara launching JARING terselenggara berkat kerja sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Pelaku Jasa Keuangan (PJK), termasuk BCA di dalamnya. Hadir dalam acara itu Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, Kepala Kantor Wilayah VII Malang Djoko Rosmiatun Mijaata, dan jajaran manajemen PJK lainnya.

JARING merupakan program inisiatif jangka pendek yang diinisiasi OJK dan KKP dengan melibatkan PJK. Program ini memiliki sasaran akselerasi pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan melalui pembuatan guideline kepada sektor jasa keuangan dari hulu sampai hilir, serta peran pihak yang berkepentingan mendukung pengembangan sektor perikanan dan kelautan.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur BCA Suwignyo Budiman mengatakan, keterlibatan BCA dalam program ini, khususnya dalam hal pembiayaan sektor kelautan dan perikanan antara lain dengan menyediakan dana pembiayaan dengan plafon sekitar Rp2,36 triliun dan outstanding Rp1,74 triliun periode Juni 2015. BCA berharap sektor kelautan dan perikanan dapat tumbuh dan berkembang serta berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

“Suatu kehormatan bagi BCA untuk dapat berperan serta dalam menyediakan pembiayaan bagi sektor kelautan dan perikanan. Kami menyadari, sektor kelautan dan perikanan adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan, mengingat bangsa ini sebagian besar wilayahnya terdiri atas perairan dan kelautan. Keterlibatan BCA ini juga merupakan bakti kami bagi perekonomian bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Suwignyo menjelaskan, BCA berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia melalui berbagai mekanisme penyaluran pembiayaan. Sampai saat ini, penyaluran pembiayaan BCA dalam sektor kelautan dan perikanan dari hulu ke hilir yang mencakup penangkapan, budidaya, pengolahan dan produksi serta pemasaran telah tersebar secara merata di berbagai provinsi di Indonesia: Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, serta Maluku.

“Kami terbuka untuk terus memperluas dan mengembangkan kerja sama di sektor kelautan dan perikanan. Masih banyak hal di sektor ini yang tentunya membutuhkan perhatian, terutama dalam hal pembiayaan. BCA siap berkontribusi apabila diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan sektor ini,” tuturnya.

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan consumer. Pada akhir September 2015, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 13 juta rekening nasabah melalui 1.160 cabang, 16.783 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking. (bca/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.