Kamis, 9 Desember 21

BBI Lestarikan Budaya, Lewat Sekolah Musik Tradisional Gratis

BBI Lestarikan Budaya, Lewat Sekolah Musik Tradisional Gratis

Jakarta, Obsessionnews Memperingati Hari Kartini, Museum Kebangkitan Nasional bekerjasama dengan Yayasan Belantara Budaya (BBI), menggelar Melodi Untuk Nusantara. Ditandai dengan peresmian Sekolah Musik Tradisional Gratis. Pada pembukaan beberapa artis seperti Maya Hasan, Ratna Listy, Oppie Andaresta, dan Iga Mawarni hadir mendukung acara ini.

Ratna Listy melantunkan lagu dengan memainkan gitar, yang diakuinya sebagai penampilan pertama kalinya. Dia menyanyikan lagu Tanah Air menggema indah di Gedung Museum Kebangkitan Nasional, Jumat (16 April 2015). Dia pun membawakan lagu keroncong Bengawan Solo, yang menandakan salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Tak hanya itu, Maya Hasan pemain harpa juga menyajikan beberapa lagu medley lagu daerah seperti Ampar-Ampar Pisang, Suwe Ora Jamu dan Bungong Jeumpa. “Saya bersyukur menjadi perfoming art yang kerap jalan-jalan ke berbagai pelosok Indonesia. Saya senang mencoba berbagai kuliner di daerah, saya juga bisa melihat berbagai keindahan berbagai tempat. Saya mengajak masyarakat Indonesia lebih mencintai negara kita. Sekolah Menari Gratis ini merupakan salah satu cara untuk kita kembali belajar tentang budaya Indonesia,” katanya semangat.

“Yayasan BBI merupakan yayasan yang peduli terhadap pendidikan, lingkungan dan sosial didirikan pada tahun 2013. Yayasan terbuka untuk anak-anak yang ingin belajar tentang ragam budaya secara gratis. Para murid dapat mempelajari gamelan Jawa dan angklung di Sekolah Musik Tradisional Gratis yang diadakan setiap Sabtu,” jelas Diah K Wijayanti SSos MHum selaku pendiri Yayasan BBI dalam sambutan.

Sebelumnya, selama enam bulan Yayasan BBI dan Museum Kebangkitan Nasional telah menyelenggarakan program Sekolah Tari Tradisional Gratis. Sebanyak 450 murid dari anak-anak hingga dewasa telah mengikuti kelas tari.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan tarian Ondel-Ondel dari sejumlah anak yang telah berlatih. Fashion show dari Alleira, Deways dan SAUL menjadi penutup Melodi Untuk Nusantara. (Aryani Indrastati)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.