Minggu, 24 Oktober 21

Bawaslu Sumbar Segera Proses Laporan Golkar

Bawaslu Sumbar Segera Proses Laporan Golkar

Padang, Obsessionnews – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan segera memproses laporan yang disampaikan pengurus Partai Golkar Sumbar atas dugaan yang dilakukan KPU Sumbar dalam proses penerimaan pendaftaran calon gubernur Sumbar.

Ketua Bawaslu Sumbar, Eliyanti mengatakan, pihaknya akan memproses dan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk. Berdasar hasil proses yang dilakukan, apabila ada temuan, akan diteruskan ke instansi berwenang, baik ke pihak kepolisian, KPU dan DKPP.

“Waktu bagi Bawaslu untuk memproses laporan selama lima hari sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang,” ujar Eliyanti, Rabu (5/8).

Eliyanti menjelaskan, jika pelanggaran menyangkut administrasi, pihaknya akan meneruskannya ke KPU. Apabila pelanggaran menyangkut pidana akan diteruskan ke pihak kepolisian dan penggaran yang menyangkut dengan kode etik, Bawaslu akan meneruskannya ke Dewan Kehormtana Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Eliyanti mengatakan, laporan yang diajukan pengurus Partai Golkar Sumbar, berkaitan dengan berkas persyaratan yang diajukan dalam mendaftaran pasangan calon gubernur ke KPU Sumbar.

Partai Golkar Sumbar melaporkan KPU Sumbar ke Bawaslu Sumbar atas dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU Sumbar terhadap PKPU nomor 9 tahun 2015 pasal 38 ayat 5. Pengurus partai Golkar Sumbar yang melaporkan KPU, masing-masing pengurus kubu Aburizal Bakri dan Agung Laksono, yaitu Ketua/Sekretaris DPD Partai Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim/Afrizal dan Yan Hiksas/Yusman Kasim. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.