Rabu, 12 Agustus 20

Bawaslu Persiapkan Instrumen Pengawasan 204 Pilkada

Bawaslu Persiapkan Instrumen Pengawasan 204 Pilkada

Jakarta – Sekitar 204 Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Gubernur, Bupati dan walikota, yang rencananya akan digelar secara serentak pada tahun 2015 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi perhelatan Pemilu tersebut.

Komisioner Bawaslu, Nasrullah menyampaikan ditengah dinamika soal pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Bawaslu tetap mempersiapkan instrumen-instrumen pengawasan.

“Kami akan tetap akan menggunakan metode pengawasan yang dilakukan pada Pileg dan Pilpres tahun 2014 lalu, yakni dengan pengawasan partisipatif,” ujar Nasrullah di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (29/11/2014).

Menurut Nasrullah, pengawasan partisipatif yang dikembangkan oleh Bawaslu tersebut dirasa cukup efektif untuk dapat melakukan pengawasan maksimal termasuk menangani berbagai macam pelanggaran.

“Antusias masyarakat yang terlibat dalam pengawasan partisipatif terlihat dari banyaknya laporan dugaan pelanggaran yang masuk ke pengawas pemilu,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bentuk pengawasan partisipatif yang dikembangkan oleh Bawaslu pada Pileg dan Pilpres yang lalu, salah satunya adalah Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu.

“Gerakan ini mampu merekrut hampir 650 ribu orang relawan di seluruh Indonesia, dan disebar banyak tempat pemungutan suara (TPS) di Indonesia,” kata Nasrullah.

“Mereka direkrut untuk melibatkan simpul-simpul masyarakat dalam mengawasi Pemilu. Mereka berada diluar struktur Pengawas Pemilu dan sebagian besar merupakan mahasiswa dan pelajar,” tambahnya. (Pur)

 

Related posts