Selasa, 27 Oktober 20

Bawaslu Minta Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020 Transparan

Bawaslu Minta Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020 Transparan
* Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Kapoy/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.comAnggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja meminta, penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 dilakukan secara transparan dan akuntabel. Sebab, penyelesaian sengketa ini sudah didaulat sebagai mahkotanya Bawaslu.

“Jadi dalam menjalankan proses penyelesaiannya harus dilakukan dengan cara yang transparan dan akuntabel,” ujar Bagja seperti dikutip dari Web Bawaslu, Rabu (4/9/2019).

Dia mengungkapkan, transparansi dalam penyelesaian sengketa bakal meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga Bawaslu. “Intinya saya minta kepada seluruh Bawaslu tingkat kabupaten/kota dapat mengedepankan transparansi dan akuntabel dalam menjalankan tugas menyelesaikan sengketa Pilkada 2020,” tegasnya.

Selain itu, cara musyawarah mufakat guna menyelesaikan sengketa Pilkada 2020 tahap awal, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini juga meminta untuk didokumentasikan sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga.

“Dan tentunya bisa pula dijadikan pertimbangan dalam membuat putusan,” tuturnya.

Selain itu, Bagja juga menguraikan tantangan dan tugas berat Bawaslu ke depan. “Tugas berat tersebut yaitu mengawal Pilkada 2020 di 270 wilayah serta pemilu dan pilkada yang berbarengan pada 2024,” ungkapnya.

Dia mengaku, pemilu serentak 2019 yang dianggap sebagai pemilu paling rumit di dunia sudah dilewati dengan hasil yang cukup baik. Tapi tantangan dalam mengawal pilkada maupun pemilu ke depan tidak kalah berat. Ada Pilkada serentak 2020 dan Pemilu Serentak 2024 yang persiapannya dimulai pada 2021.

“Bawaslu harus siap menghadapi itu semua,” tegas pria berdarah Sunda itu.

Hak hanya itu, Alumnus Universitas Indonesia (UI) tersebut memberikan apresiasi kepada jajaran Bawaslu kabupaten/kota secara keseluruhan, dan khususnya untuk divisi penyelesaian sengketa. Atas kinerja yang sangat baik menyukseskan Pemilu 2019 yang digoreskan saudara semua jajaran Bawaslu kabupaten dan kota seluruh Indonesia lebih khusus di Lampung.

“Saya sampaikan apresiasi dan semoga kinerja baik ini berlanjut pada Pilkada Serentak akan datang,” pungkas Bagja. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.