Jumat, 21 Juni 19

Bawaslu Minta Massa Aksi Selesaikan Sesuai Aturan

Bawaslu Minta Massa Aksi Selesaikan Sesuai Aturan
* Gedung Bawaslu di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019). (Foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Massa aksi demo di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih terus bergulir. Mereka menuntut ke Bawaslu sebagai pengawas pemilu 2019 diduga melakukan pemilu curang. Hal tersebut membuat komisioner Bawaslu angkat bicara.

Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, proses pemilu telah memiliki tahapannya masing-masing. Dia menjelaskan, tahapan penghitungan suara telah selesai termasuk pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. Selain itu, undang-undang telah memberikan jalurnya apabila ada komplain yang diajukan oleh masyarakat.

“Jadi sebagian dari masyarakat, dan sebagai bagian dari peserta pemilu ya kita harus patuh kepada komitmen pemilu yang sudah kita sepakati bersama-sama,” ujar Frizt di Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Untuk itu, Bawaslu mengimbau masyarakat agar mematuhi undang-undang. “Undang-undang kan telah memberikan kebebasan kita, kesempatan untuk menyampaikan pendapat,” jelasnya.

Termasuk melakukan demonstrasi. Itu adalah hak yang dilindungi undang-undang. “Jadi pada saat proses menyampaikan pendapat tersebut tidak sesuai dengan peraturan, ataupun membuat orang lain terganggu dan mengganggu hak orang lain maka ada aturan yang mengatur hal tersebut,” ungkap anggota Bawaslu ini.

Jadi Bawaslu mempersilakan masyarakat yang ingin menyampaikan komplain terkait hasil penghitungan suara Pemilu 2019, namun sesuai dengan undang-undang yang berlaku. “Iya, asal sesuai aturan,” tuturnya.

Seperti diketahui, saat ini aksi demo di depan gedung Bawaslu masih terus berlangsung. Massa yang hadir terus bertambah, hingga saat ini memenuhi jalan MH Thamrin. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.