Jumat, 9 Desember 22

Bawaslu Laporkan PSI ke Bareskrim Polri

Bawaslu Laporkan PSI ke Bareskrim Polri
* Ketua Bawaslu RI Abhan. (foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Temuan tersebut berupa tayangan iklan kampanye melalui media cetak Jawa Pos edisi 23 April 2018.

Atas dasar itu, Ketua Bawaslu RI Abhan melaporkan Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni dan Wakil Sekretaris Jenderal PSI Chandra Wiguna ke Bareskrim Mabes Polri, karena keduanya telah melakukan tidak pidana.

“Merupakan perbuatan tindak Pidana Pemilu yang melanggar ketentuan Pasal 492 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” ungkap Abhan di Media Center Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (17/5/2018).

Temuan Bawaslu tersebut telah diteruskan oleh Bawaslu ke Kepolisian dan diterima oleh Bareskrim Polri pada Tanggal 17 Mei 2018.

“Dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/646/V/2018/BARESKRIM dan diperoleh Surat Tanda Terima Laporan Nomor:STTL/569/V/2018/BARESKRIM Tertanggal 17 Mei 2018,” tuturnya.

Penerusan temuan ini, kata Abhan, tentu tidak terlepas dari kerja sama unsur-unsur dalam Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Penyidik kepolisian dan Jaksa yang senantiasa memberikan masukan dan pendampingan dalam proses penangaan pelanggaran di Bawaslu.

Maka setelah pelaporan itu untuk tahap berikutnya di Kepolisian, yang oleh undang-undang diberikan waktu penyidikan paling lambat 14 hari sejak diterima.

“Kepolisian segera menetapkan tersangka untuk selanjutnya masuk dalam proses penuntutan,” ucap Abhan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.