Kamis, 26 Mei 22

Bawaslu Jatim Temukan Pelanggaran Pilkada

Bawaslu Jatim Temukan Pelanggaran Pilkada

Surabaya, Obsessionnews – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur (Jatim) banyak pelanggaran dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 9 Desember kemarin. Di kabupaten Sumenep dan Situbondo, ada temuan pemilih ganda.

” Kita rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS yang didapati pemilih ganda,” ungkap Komisioner Badan Pengawas Pemilu Jatim, Sri Sugeng Pudjiatmiko, Kamis (10/12/2015).

Kata Sri Sugeng, di kabupaten Sumenep, ada dugaan kecurangan adanya pemilih ganda bahkan dilakukan oleh oknum petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sedangkan untuk Situbondo, temuan Bawaslu terjadi di TPS 19 dan 20 Desa Wringinanom dimana seorang ibu rumah tangga ketahuan menggunakan surat undangan C6 bukan miliknya untuk mencoblos di dua TPS sekaligus. Untuk temuan ini, Bawaslu masih melakukan proses penyelidikan.

Sementara itu, Sufyanto, Ketua Bawaslu Jawa Timur mengatakan, beberapa kejanggalan juga terjadi sepanjang pelaksanaan pilkada serentak kali
ini.

“Dokumen c1 yang tak diberikan ke saksi ternyata tak hanya terjadi di satu TPS, melainkan di dua desa yaitu Desa Gedangsewu dan Tretek yang ada di kecamatan Pare, Kediri,” ungkapnya. (rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.