Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Bawaslu Harus Punya Kewenangan Mengikat untuk Menindak Pelanggaran

Bawaslu Harus Punya Kewenangan Mengikat untuk Menindak Pelanggaran

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI Akhmad Muqowam menilai poin penting dalam Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) adalah kunci pengawasan. Menurutnya, saat ini Bawaslu harus punya kewenangan yang mengikat untuk menindak pelanggaran yang terjadi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pemilu.

“Saya apresiasi kinerja penyelanggaraan Pilkada 2018 berjalan baik dan aman, dengan beberapa catatan di sana sini, terutama kesiapan KPU tahun 2019 akan lebih berat tugasnya. Selain itu Bawaslu harus benar-benar punya kekuatan dan kewenangan dalam menangani pelanggaran dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan Pemilu,” tandas Muqowam.

Hal tersebut ditegaskannya dalam Rapat Kerja Komite I DPD RI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membahas evaluasi pelaksanaan Pilkada serentak 2018, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (23/7/2018). Hadir Ketua Komite I DPD Akhmad Muqowam, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan para Anggota Komite I DPD RI.

Muqowam mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu serta beri beberapa catatan penting dalam pelaksanaan Pilkada Serentak. Namun, ungkap Muqowam, selama pihaknya melakukan tugas pengawasan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 masih ditemukan permasalahan berupa validitas Daftar Pemilih Tetap, Calon Tunggal, alon kepala daerah yang menjadi tersangka, masih adanya money politik dan indikasi keberpihakan ASN.

“Saya kira adanya temuan dan rekomendasi dari Komisi ASN mengenai pelanggaran netralitas ASN belum mendapat tindak lanjut, saya harap dari rapat kerja ini, menghasilkan manfaat buat evaluasi KPU dan Bawaslu dalam mempersiapkan pilkada, pemilu pilpres dan pileg ke depan,” tegas Ketua Komite I DPD RI.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Arief Budiman memberikan penjelasan situasi kondisi pelaksanaan Pilkada Serentak di 171 Daerah yang melibatkan 381 wilayah. Secara umum pilkada berjalan lancar meskipun ada tertunda di beberapa daerah.

“Sampai hari ini semua wilayah di 170 daerah sudah selesai dilaksanakan, kecuali di Kabupaten Paniai Provinsi Papua yang baru akan dilaksanakan 25 Juli 2018 mendatang, keterlambatan disebabkan adanya masalah penetapan calon dan masalah logistik tapi semua sudah selesai dan akan dilaksanakan lusa depan,” jelasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Abhan melaporkan sejumlah penanganan pelanggaran terkait Pilkada Serentak 2018. Penanganan pelanggaran masuk jumlahnya mencapai total 3567 yang terdiri dari laporan sejumlah 1167 dan temuan 2400.

“Presentasi tersebut masih menunjukan kegiatan pengawasan pemilu masih lebih aktif menemukan pelanggaran daripada pelaporan. Terkait dengan laporan tersebut yg masuk tindak pidana pemilihan ada 262 dan yang proses sampai ke pengadilan ada 51 kasus sampai saat ini,” bebernya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.