Sabtu, 28 November 20

Bawaslu Berencana SKPP Darling Tak Hanya Dilaksanakan di Masa Pandemi Covid-19

Bawaslu Berencana SKPP Darling Tak Hanya Dilaksanakan di Masa Pandemi Covid-19
* Ketua Bawaslu RI Abhan. (Foto: Kapoy/obsessionnews)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pandemi Covid-19 yang mengharuskan penerapan pembatasan sosial dan jaga jarak tidak menghentikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI melakukan upaya-upaya pendidikan pemilih dan pencegahan pelanggaran pilkada.

Dengan adanya hal itu, Bawaslu tetap menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif secara daring (SKPP Daring). Program tersebut akan diselenggarakan mulai Mei 2020 mendatang.

“Namun program ini dilaksanakan tidak hanya pada masa pandemi Covid-19,” ujar Ketua Bawaslu RI Abhan dalam video confrence di kantornya, Kamis (9/4/2020).

Bawaslu berharap, SKPP Daring menjadi program yang terlaksana secara berkesinambungan. “Dengan demikian, dalam jangka panjang, semangat pengawasan partisipatif menjadi semangat yang dimiliki seluruh masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, SKPP adalah program pencegahan pelanggaran yang digagas Bawaslu sejak 2018. Pada mulanya, program ini dilakukan dengan pertemuan tatap muka selama 14 hari. 2020 ini, Bawaslu merencanakan menjalankan SKPP di 19 provinsi yang sedianya mulai terlaksana April ini. Namun bencana pandemi Covid-19 membuat program SKPP harus ditunda.

Mengatasi hal tersebut, Bawaslu menyelenggarakan SKPP Daring agar pendidikan pemilih dan pencegahan pelanggaran pilkada tetap berjalan. SKPP Daring direncakan berjalan terus secara berkesinambungan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.