Minggu, 23 Juni 24

Bawaslu belum Bisa Tindak Alat Peraga Kampanye Pilkada 2024

Bawaslu belum Bisa Tindak Alat Peraga Kampanye Pilkada 2024
* Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty. (Foto: Kapoy/Obsession news.com)

Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) belum dapat menindak alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk, dan billboard terkait Pilkada 2024. Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan pasangan calon, sejumlah tokoh yang diprediksi akan maju dalam Pilkada 2024 telah memasang alat peraga.

Baca juga: Bawaslu DKI Jakarta Izinkan Satpol PP Copot Alat Peraga Kampanye yang Langgar Peraturan

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menjelaskan, saat ini belum ada calon resmi, bahkan pendaftaran bakal calon (Bacalon) pun belum dibuka.

“Sehingga, ini mirip dengan pemilu sebelumnya. Orang memasang baliho belum tentu menjadi pasangan calon. Dalam konteks ini, Bawaslu hanya bisa memberikan himbauan,” kata Lolly di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Lolly menambahkan, himbauan dilakukan melalui berbagai saluran seperti media sosial, partai politik, dan KPU. Bawaslu juga telah beberapa kali mengeluarkan surat himbauan terkait ketetapan jadwal dan verifikasi calon perseorangan.

“Selama ini, yang bisa kita lakukan adalah himbauan, karena memang regulasinya seperti itu,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai pengawasan, Lolly menjelaskan, Bawaslu tetap mengawasi dan mencermati potensi calon yang memasang alat peraga. Namun, tindakan yang bisa dilakukan saat ini hanya berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait tata kota dan ketertiban.

“Kita berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan tidak mengganggu tata kota dan tidak membahayakan pengguna jalan,” jelas Lolly.

Baca juga: Bawaslu Sumut Minta Peserta Pemilu Taati Aturan Selama Masa Tenang

Menurutnya, kerja sama dengan pemerintah daerah penting agar pemasangan alat peraga tidak melanggar aturan tata kota.

“Menggunakan aturan tata kota untuk memastikan ketertiban, karena jika menggunakan UU Kepala Daerah, belum bisa dijangkau,” tambahnya.

Bawaslu berharap dengan himbauan yang diberikan sejak awal, calon-calon yang berencana maju dalam Pilkada 2024 dapat mematuhi aturan dan tidak mengganggu ketertiban umum. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.