Kamis, 24 September 20

Bawaslu Ajak Negara Lain Pantau Pilkada 2018

Bawaslu Ajak Negara Lain Pantau Pilkada 2018
* Acara Electoral Studies Program (ESP) di Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018). (foto: Kapoy/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengundang sekitar 29 penyelenggara pemilu di Benua Asia, Austalia, Eropa, Amerika, dan Afrika serta 17 lembaga pemantau pemilu internasional dalam acara bertema ‘Pengawasan Pemilu untuk Meningkatkan Keadilan Pemilu di Pemilu Indonesia 2018’ di Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018).

Dari undangan tersebut, Bawaslu mengajak penyelenggara dan pemantau pemilu itu untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada 2018 tanggal 27 Juni 2018 mendatang bertajuk Electoral Studies Program (ESP).

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai “platform” bagi berbagai “stakeholder” pemilu baik di Indonesia maupun tingkat internasional dalam melaksanakan pertukaran informasi dan pengetahuan mengenai pengawasan dan pemantauan pemilu.

“Terutama untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul selama pelaksanaan Pilkada, juga mengidentifikasi isu yang biasa dihadapi dalam pemilihan kepala daerah seperti ultra-nasionalisme, intoleransi, dan penyalahgunaan media,” ujar Abhan.

Selain mengisi kegiatan dengan berbagai tema diskusi, para tamu akan diajak memantau pelaksanaan Pilkada langsung di lima lokasi yaitu di Kota Serang dan Kota Tangerang di Provinsi Banten; Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi di Provinsi Jawa Barat.

Dengan acara ini Bawaslu berharap ada peningkatan pemahaman terhadap pemilu di Indonesia serta peran Bawaslu dan lembaga pemantau lain di Asia, memperkuat kerja sama antarpeserta, penyelenggara pemilu.

“Dan masyarakat sipil untuk secara kolaboratif mempromosikan dan mendukung pemilu yang demokratis,” pungkas Abhan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.