Minggu, 29 Mei 22

Bawang Putih “Obat Ajaib” untuk Penderita Diabetes

Bawang Putih “Obat Ajaib” untuk Penderita Diabetes
* Bawang putih. (Foto: pertanian.go.id)

Ternyata, bawang putih sangat luar biasa khasiatnya untuk pencegahan maupun penyembuhan penyakit diabetes. Bawang putih menjadi “obat ajaib” menurunkan gula darah penderita diabetes.

Bawang putih tampaknya memang populer dalam dunia pengobatan herbal. Mengutip dari NDTV.com, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Selain itu, bawang putih juga sumber mineral penting seperti fosfor, kalsium, kalium, besi, dan tembaga. Bawang putih juga mengandung allicin yang menciptakan bau dan rasa yang menyengat. Bawang putih bermanfaat baik untuk kesehatan seperti:

– Meningkatkan daya tahan tubuh
– Menjaga sistem pencernaan
– Menjaga kesehatan jantung
– Menjaga tekanan darah
– Menjaga kadar gula darah

Faktanya, banyak ahli gizi yang merekomendasikan bawang putih segar dalam diet diabetes.

Diabetes merupakan kondisi tubuh yang tidak mampu memproduksi atau merespon insulin. Sekedar info, insulin merupakan hormon yang membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Seseorang yang menderita diabetes harus segera diberikan perawatan agar tidak memicu penyakit lainnya seperti obesitas, komplikasi jantung, dan ginjal.

Bawang putih, salah satu bahan alami yang bisa membantu mengontrol gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih efektif meredakan peradangan dan menurunkan risiko diabetes tipe II. Berikut alasan bawang putih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Rendah kalori

Bawang putih, bahan alami yang rendah kalori dan rendah karbohidrat. Kandungan dalam bawang putih ideal untuk mengontrol gula darah.

2. Sumber vitamin

Bawang putih mengandung vitamin B6 yang berperan dalam metabolisme karbohidrat. Asal tahu saja, karbohidrat yang diproses terlalu cepat bisa meningkatkan kadar gula darah.

Bawang putih berperan untuk mengontrol proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh.

3. Menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung

Menurut buku Healing Food, bawang putih yang dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan asam amino homosistein, salah satu faktor yang memicu diabetes dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan kadar insulin

Para ahli mencatat bahwa kandungan allicin dalam bawang putih bisa membantu meningkatkan kadar insulin dalam darah.

Sebelum penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Maturitas menyebutkan penderita darah tinggi (tidak terkontrol) yang mengonsumsi bawang putih secara rutin selama 12 minggu mengalami penurunkan tekanan darah 10 poin.

Konsumsi bawang putih untuk mengontrol diabetes
Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan mentah. Anda bisa mencampurkan bawang putih dalam salad agar lebih nyaman saat dikonsumsi. Bisa juga mencampurkan bawang putih ke dalam kaldu bayam. (*/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.