Rabu, 20 Oktober 21

Bawang Putih Cegah Impoten dan Mandul pada Pria

Bawang Putih Cegah Impoten dan Mandul pada Pria
* Bawang putih. (Foto: hellosehat.com)

Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Namun, bawang putih juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman dahulu.

Zat allicin yang terkandung dalam bawang putih dinilai punya banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan pria.

Kandungan allicin di dalamnya ternyata punya manfaat luar biasa untuk kesehatan pria. Bawang putih dinilai mampu meningkatkan kesuburan pria atau mencegah kemandulan dan impotensi pada pria serta menjaga kesehatan kelenjar prostat.

Banyak penelitian yang membuktikan kalau allicin mengandung sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan. Tak hanya itu, bawang putih juga kaya akan vitamin dan nutrisi, seperti mangan-kalsium, tembaga, selenium, vitamin B1, B6, dan C. Nah, berikut beragam manfaat bawang putih untuk kesehatan pria:

1. Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan seorang pria biasanya ditentukan dari kualitas sel spermanya. Sel sperma yang tidak berkualitas ini bisa menghambat seseorang untuk mendapatkan keturunan. Nah, senyawa allicin dalam bawang putih dinilai mampu meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Beberapa ahli percaya bawang putih termasuk makanan yang bersifat afrodisiak.

Afrodisiak adalah istilah untuk berbagai jenis makanan, minuman, ramuan, atau obat yang dipercaya dapat meningkatkan libido. Namun, efek ini tidak bisa kamu dapatkan dalam satu kali konsumsi saja ya. Kamu perlu mengonsumsi bawang putih secara rutin selama sekitar satu bulan untuk merasakan manfaatnya.

2. Mencegah Impotensi
Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan jumlah sperma. Pada gilirannya, manfaat ini dapat mencegah penyakit impotensi yang rentan menyerang pria berusia lanjut. Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi bawang putih dalam kondisi mentah atau tambahkan cukup banyak bawang putih ke dalam masakan.

3. Menjaga Kesehatan Prostat
Seiring bertambahnya usia, fungsi pada kelenjar prostat semakin menurun. Nah, kandungan allicin dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan prostat. Suatu studi menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi bawang putih berisiko lebih rendah terkena benign prostatic hyperplasia (BPH).

BPH atau pembesaran prostat umumnya ditandai dengan gejala berupa kesulitan buang air kecil, aliran urine yang tersendat, buang air kecil yang tidak tuntas atau inkontinensia urine. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.