Selasa, 16 April 24

Bawa Kabur Uang Hasil Penipuan, Polisi Gadungan Dibekuk Polda Metro

Bawa Kabur Uang Hasil Penipuan, Polisi Gadungan Dibekuk Polda Metro
* Polisi Gadungan Diringkus Polda Metro. (Foto: wa)

Jakarta, Obsessionnews – Subdit III Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap RMF (39) yang merupakan Polisi gadungan melakukan penipuan terhadap korbannya S sebanyak Rp 140 juta. S ditangkap di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 22 Januari 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa S merupakan disersi polisi di wilayah Sulawesi Selatan berpangkat Briptu.

“Saat melakukan aksi penipuan, tersangka RMF mengunakan seragam berpangkat AKBP yang bertugas di Mabes Polri untuk menyakinkan korban,” terang Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (28/1/2021).

Kata Yusri, tersangka mengaku terhadap korban mempunyai jalur bisa mencairkan dana Rp 3 miliar di Bank Dunia, dengan syarat memiliki agunan rumah.

“Tersangka membujuk korban untuk membeli Apartemen Basura City di Jakarta Timur seharga Rp 700 juta. Tersangka meminta DP untuk membeli apartemen kepada korban sebesar Rp 140 juta,” ujar Yusri.

Setelah tersangka menerima uang dari korban, uang tersebut tidak digunakan untuk membeli apartemen, namun uang tersebut digunakan tersangka untuk membeli mobil.

“Karena curiga korban melakukan pengecekan terkait indetitas tersangka sebagai anggota kepolisian. Hasilnya ternyata tersangka tidak terdaftar,” papar Yusri.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.