Sabtu, 16 Oktober 21

Batu Giok Aceh Terbaik di Dunia

Batu Giok Aceh Terbaik di Dunia

Banda Aceh, Obsessionnews Pesona batu mulia atau lebih dikenal dengan nama batu giok asal Aceh mulai populer sejak beberapa tahun terakhir. Dewasa ini demam batu giok menjangkiti seluruh lapisan masyarakat Aceh, baik di desa maupun perkotaan.

Selain kecantikannya, batu yang mengandung nilai seni alami ini juga dipercaya sebagai pembawa tuah. Kini batu giok Aceh merupakan batu giok terbaik di Indonesia dan dunia. Di tingkat dunia, batu giok Aceh berada di urutan ketiga setelah Burma dan China.

Batu giok sudah melekat di jari pria Aceh. Mereka tak memperdulikan harga batu giok. Mereka rela merogoh jutaan rupiah dari kantongnya hanya demi tersematnya batu mulia ini di jemarinya.

Safwan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh
Safwan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh, Safwan, mengusulkan batu giok dimasukkan ke dalam paket komoditas yang dihitung Badan Pusat Statistik (BPS). Sehingga menjadi salah satu komoditas yang mempengaruhi inflasi. Ia telah menyampaikan usulan tersebut kepada Kepala BPS Aceh, Hermanto, beberapa waktu lalu. “Kepala BPS menyambut baik dan meminta kami untuk ikut melakukan pendataan awal terlebih dahulu,” katanya kepada obsessionnews.com baru-baru ini.

Safwan berharap BPS Aceh memasukkan batu giok Aceh dalam penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebagai salah satu komoditas penentu inflasi.

“Bagaimana mekanismenya, tentu BPS yang lebih mengetahui. Disperindag siap memberikan dukungan di lapangan. Namun yang pasti, tren batu giok akan memberikan pengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) lantaran tingginya permintaan,” pungkasnya. (Agung Sanjaya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.