Sabtu, 27 April 24

Batik Produksi Jokotole Collection Berhasil Masuki Pasar Internasional

Batik Produksi Jokotole Collection Berhasil Masuki Pasar Internasional
* Pemilik Jokotole Collection Wirantono Adiputra. (Foto: dok. pribadi)

Obsessionnews.com – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mendapat dukungan dari Pertamina. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menggenjot UMKM agar terus berkembang. Salah satu UMKM yang dibina oleh Pertamina adalah Jokotole Collection di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Jokotole Collection memproduksi kain batik tulis Madura dan produk turunan kain batik.

Jokotole Collection didirikan pada tahun 2014. Setahun kemudian, yakni 2015, terpilih menjadi UMKM binaan Pertamina. Pemilik Jokotole Collection Wirantono Adiputra menerangkan dukungan Pertamina berupo akses pemasaran dan pelatihan.

 

 

Baca juga: Dibina Pertamina, Mutiara Gitbay Raih Penghargaan UMKM SUMMIT Awards 2024

 

 

 

 

 

 

“Penjualan semakin meningkat dan semakin banyak jaringan pasar, membantu akses permodalan yang ringan,” kata Wirantono.

Dalam upaya bisnis batiknya mengglobal, Wirantono aktif mengikuti pameran nasional dan internasional, mengikuti lomba, mengenalkan melalui google map, google busnis, promosi melalui media sosial, website, melegalitaskan merek, dan keaslian produk.

 

 

 

“Kami juga memaksimalkan tempat/galeri sebagai tempat wisata batik agar wisatawan datang berkunjung ke tempat kami,” ujarnya.

Kerja keras Wirantono yang disokong Pertamina berbuah manis. Batik yang diproduksi Jokotole Collection berhasil memasuki pasar internasional, yakni Malaysia, Vietnam, Selandia Baru, dan Inggris.

Jokotole Collection beraset Rp500 juta dan beromzet Rp900 juta per tahun. Tenaga kerja yang terserap di UMKM adalah 120 orang.

Wirantono berharap Jokotole Collection menjadi UMKM naik kelas go digital, go global dan menjadi UMKM agregator bermanfaat dan mengajak UMKM lain sukses.

 

 

Kisah sukses Jokotole Collection itu membawanya sebagai salah satu di antara 15 UMKM yang mendapat UMKM SUMMIT Awards 2024 Kategori UMKM Binaan di Hotel Aston Priority Simatupang, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Obsession Media Group (OMG). Pemberian penghargaan melalui UMKM SUMMIT Awards 2024 ini bertujuan untuk mendorong perkembangan ekonomi lokal, memotivasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka agar dapat menjadi pilihan yang utama pelanggan Indonesia dan menembus pasar global melalui basis digital dan berkelanjutan.

 

 

Panitia bersama para penerima Penghargaan UMKM SUMMIT Awards 2024 di Hotel Aston Priority Simatupang, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024). (Foto: Anto/Obsession Media Group)

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=qcDzpbYo0mk&t=32279s

 

Penetapan pemenang UMKM SUMMIT 2024 setiap kategori dilakukan oleh Dewan Juri dari OMG Editor Club bekerja sama dengan Indonesia Research and Survey (IReS).

Selain pemberian penghargaan juga digelar seminar dengan tema “UMKM Sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” yang terbagi lagi menjadi empat subtema, yaitu “Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan”, “UMKM Muda Go Global, Kendala & Solusinya”, “Melalui Digital UMKM Naik Kelas”, dan “Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM menuju Go Digital, Go Global & Go Green.” (Sella Eka/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.