Jumat, 24 September 21

BATAN Ajukan Kedelai Varietas Unggul Kedelai

BATAN Ajukan Kedelai Varietas Unggul Kedelai

Jakarta, Obsessionnews – Keunggulan dari varietas unggulan kacang kedelai yang dikembangkan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah mampu menghasilkan di atas rata-rata produksi nasional. Kalau saat ini hanya bisa diproduksi 1,46 ton perhektar, kedelai varietas unggul berupa kedelai kuning dan hitam, mampu menembus angka 2,4 ton perhektar.

“Keunggulannya produktifitasnya di atas rata-rata nasional dan tahan menghadapi hama serta enak saat diolah menjadi kecap misalnya,” kata Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto kepada obsessionnews.com di Jakarta, Kamis (2/6).

Saat BATAN menyodorkan produk barunya yang mampu membawa Indonesia keluar dari krisis kacang kedelai, bukan berarti persoalan selesai. Menurut Djarot, bukan cuma berkontribusi memberi benih unggul. Tata niaga juga kudu dibenahi. Makanya, BATAN bakal menggunakan instrumen kemitraan dan langsung bergerak ke lapangan guna bekerjasama dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

“Sounding dengan pihak pemerintah. Ini bukan pekerjaan mudah dan hanya satu langkah. Ini sesuatu yang perlu dikoordinasikan dengan lembaga lain. Ini sudah jadi, disampaikan kepada masyarakat mudah-mudahan diterima,” kata Djarot.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.