Rabu, 22 September 21

Batalkan Beli Helikopter AW-101, Ini Alasan Jokowi

Batalkan Beli Helikopter AW-101, Ini Alasan Jokowi

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan pengajuan pembelian helikopter untuk tamu VVIP, jenis Agusta Westland 101, yang diusulkan TNI Angkatan Udara. Keputusan membatalkan pembelian itu setelah mendengar masukan dan melakukan kajian mendalam.

“Dengan mempertimbangkan berbagai masukan, Presiden memutuskan untuk tidak menyetujui pembelian helikopter AW 101,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Berbagai alasan dikemukakan. Pramono mengungkapkan bahwa Jokowi merasa helikopter Superpuma yang biasa ia gunakan masih dapat dimanfaatkan. Meski begitu pemerintah akan tetap melakukan pengadaan helikopter sebagai back-up untuk helikopter Super Puma yang selama ini digunakan Presiden.

Selain itu Menurut dia, pembelian helikopter VVIP itu terlalu mahal di tengah kondisi ekonomi nasional yang belum sepenuhnya bangkit. Presiden menilai, dalam kondisi keuangan negara seperti saat ini, pembelian helikopter tersebut belum menjadi pertimbangan utama.

“Maka Presiden akan tetap menggunakan heli yang ada meski harus ada back-up,” kata Pramono.

TNI AU sebelumnya berencana mendatangkan tiga helikopter AW-101/AgustaWestland buatan Inggris-Italia pada tahun 2016 dan 2018. Heli digunakan untuk tamu VIP, termasuk Presiden, Wakil Presiden, dan tamu negara. Helikopter AW-101 dibuat oleh AgustaWestland, produsen helikopter Inggris yang bermarkas di Italia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.