Sabtu, 28 Mei 22

Baru Kali Ini, Semi-final Liga Champions Diwakili 4 Negara

Baru Kali Ini, Semi-final Liga Champions Diwakili 4 Negara

Baru kali ini, tahun 2018 yang bertarung di Liga Champions diwakili oleh klub dari empat negara, yaitu Real Madrid (Spanyol), Bayern Munich (Jerman), Liverpool (Inggris), dan AS Roma (Italia).

Untuk pertama kalinya sejak 2010, semi-finalis Liga Champions musim berasal dari empat negara yang berbeda. Siapa bakal ketemu siapa?

Tidak terasa Liga Champions 2017/18 sudah mencapai fase-fase akhir. Real Madrid, Bayern Munich, Liverpool, dan AS Roma mampu menempatkan kaki mereka di babak semi-final.

Untuk pertama kalinya sejak musim 2009/10, semi-final Liga Champions memiliki empat wakil dari negara berbeda. Namun, yang paling menarik tentu saja adalah bagaimana keempat tim itu menciptakan drama dan kejutan di perempat-final.

AS Roma menahbiskan diri sebagai tim kuda hitam di musim ini. Setelah sukses menumbangkan Atletico Madrid dan Chelsea di fase grup, Giallorossi melanjutkan kinerja impresif mereka di perempat-final saat berjumpa tim favorit Barcelona. Tertinggal 4-1 di leg pertama, Roma secara luar biasa membalasnya dengan kemenangan 3-0. “Romantada!”

Sehari sesudahnya, Juventus nyaris mengulangi comeback spektakuler rival senegaranya itu. Sayang, rencana mereka buyar setelah Real Madrid mendapatkan penalti kontroversial tepat di pengujung laga. Sang juara bertahan pun boleh bernapas lega dengan keunggulan ketat 4-3.

Keputusan wasit juga sempat mengganggu kebangkitan Manchester City kontra Liverpool. Namun, daya rusak Liverpool sudah telanjur membuat City lumpuh lewat skor agregat telak 5-1. Hanya kelolosan Bayern Munich yang tidak sedramatis tim-tim lain seiring kemenangan 2-1 atas Sevilla.

Seperti di babak-babak sebelumnya, keempat kontestan tersisa ini harus melakoni undian lagi guna mengetahui lawan masing-masing di semi-final.

Drawing semi-final Liga Champions akan diadakan pada Jumat (13/4) ini, di markas besar UEFA di Nyon, Swiss, pukul 13:00 waktu setempat atau 18:00 WIB.

Setelah undian ini kelar, UEFA melanjutkannya dengan menggelar drawing semi-final Liga Europa yang menyisakan Arsenal, Atletico Madrid, Red Bull Salzburg, dan Olympique Marseille.

Seperti halnya perempat-final, undian kali ini menganut sistem terbuka. Artinya, tidak ada status tim unggulan dan siapa pun mungkin bertemu. Nama klub yang muncul pertama untuk masing-masing laga akan memainkan leg pertama sebagai tuan rumah. Leg pertama semi-final akan mentas pada 24 dan 25 April, dilanjutkan dengan legpenentuan pada 1 dan 2 Mei.

Dalam pengundian ini, akan digelar pula undian administratif guna menentukan pemenang semi-final 1 atau 2 yang mengemban status tim “tuan rumah” di babak final Liga Champions. Partai puncak sendiri rencananya dihelat pada 26 Mei mendatang di Stadion NSC Olimpiyskyi, Kiev, Ukraina. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.