Senin, 23 Mei 22

Baru Jabat Menteri ESDM, Jonan Pangkas Anggaran Rp291 Miliar

Baru Jabat Menteri ESDM, Jonan Pangkas Anggaran Rp291 Miliar
* Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri ESDM Ignasius Jonan sudah mulai menggelar rapat kerja dengan Komisi VII DPR. Rapat kali ini membahas mengenai perencanaan perubahan anggaran kementerian tahun 2017.

Dalam rapat tersebut disepakati anggaran Kementerian ESDM dipangkas sebesar Rp291,59 miliar dari Rp7,31 triliun menjadi Rp7,02 triliun. Jonan meyakini pemotongan anggaran tersebut tidak menganggu program kerja pemerintah.

“Pemotongan ini sebenarnya dari tanggal 17 Oktober 2016 sudah diberitahu. Jadi pemotongan ini pada saat saya baru bergabung dengan kementerian ESDM, kami terima,” kata Jonan di DPR, Kamis (20/10/2016).

Mantan Menteri Perhubungan ini menjelaskan ada tiga alasan atau pertimbangan mengapa pihaknya menerima pemotongan anggaran. Pertama anggaran untuk pembangunan jaringan gas (jargas) pada tahun 2017 dinilai bisa dikurangi.

“Karena belum tentu ini dikerjakan semua bisa selesai. Dan melihat dari usulan yang kami kurangi, kami yakin tidak akan mengganggu kinerja kementerian ESDM,” katanya.

Pembangunan jargas, kata Jonan akan dikurangi sejumlah 15.500 sambungan rumah tangga, dari sebanyak 69.200 sambungan jadi 53.700.‎ Ia juga yakin pengurangan ini tidak ada masalah.

Kedua, lanjut Jonan, yaitu program converter kit untuk nelayan dimana anggaran untuk tahun depan akan dipangkas sekitar 50 persen menjadi Rp50 miliar dari sebelumnya Rp100 miliar.

“Pemotongannya sebanyak 4.400 unit dari 28.400 unit jadi 24.000 unit, tidak terlalu banyak dipotong,” kata Jonan.

Ketiga, lanjut Jonan, adalah untuk pembangkit listrik tenaga gas dan batu bara, yang merupakan wilayah dari Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Menurutnya ini layak dihapus karena tidak akan siap di 2017. “Karena jika dicantumkan, penyerapan anggarannya juga kecil. Ini kami tunda di tahun 2018 mengingat banyak persiapan pembangunan yang perlu dilakukan,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.