Kamis, 26 Mei 22

Bareskrim Ungkap Jaringan Narkotika dari Malaysia

Bareskrim Ungkap Jaringan Narkotika dari Malaysia

Jakarta, Obsessionnews.com – Bareskrim Mabes Polri berhasil mengungkap jaringan sindikat narkotika jenis methaphetamine dari Malaysia-Indonesia.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Dharma Pangrekun mengatakan, akhir Juni 2016, Tim Khusus Narcotic International Center (Tim NIC) Dit Narkoba Bareskrim mendapatkan informasi adanya peredaran narkotika jenis methaphetamine yang dilakukan jaringan Malaysia-Medan-Jakarta.

“Jaringan ini dikendalikan langsung oleh warga negara Malaysia,” ujar Dharma di Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Jaringan ini berencana menyelundupkan methaphetamine dari Malaysia ke Bataubara, Sumatera Utara dengan menggunakan kapal kecil. Selanjutnya diteruskan menuju Medan dan Jakarta menggunakan mobil.

“Tim lalu melakukan pembututan terhadap jaringan mereka yang ada di Medan dan transporter yang membawa methaphetamine tersebut dengan menggunakan mobil,” katanya.

Akhirnya pada 20 Juli 2016, tim berhasil meringkus sindikat ini di SPBU Petatal Jalan Raya Lintas Sumatera. “Dua tersangka kita amankan. Pertama FA berperan sebagai kurir pembeli atau pemesan barang dari Aceh. Kedua, SL, diduga oknum TNI yang mengawal kurir FA dan menerima narkotika jenis methaphetamine dalam ranselnya,” jelas Dharma.

Modus yang dilakukan oknum TNI ini menarik minat awak media untuk bertanya. Apalagi ransel yang dihadirkan sebagai barang bukti merupakan ransel berwarna hijau seperti milik oknum TNI.

“Dia kurir dan mengawal si kurir (FA). Lalu barang ditaro di ransel dan dia menggunakan pakaian dinas. Dia bertugas di Aceh,” terangnya.

Adapun barang bukti yang disita yakni satu jenis mobil Honda Freed Hitam dan satu unit mobil Honda HRV Putih. Lalu 10 paket besar narkotika jenis methamphetamine sejumlah 10 kilogram dan satu buah ransel.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.