Kamis, 8 Desember 22

Bareskrim Sita Jutaan Butir Obat Ilegal Berdampak Kriminalitas

Bareskrim Sita Jutaan Butir Obat Ilegal Berdampak Kriminalitas
* Gedung Bareskrim Polri.

Jakarta, Obsessionnews.com –¬†Bareskrim Mabes Polri dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berhasil mengungkap pembuatan obat palsu atau ilegal dalam sebuah operasi.

Dari operasi tersebut petugas mendapatkan 42,48 juta butir obat-obatan ilegal dari berbagai daerah.

Wakabareskrim Mabes Polri, Irjen Pol Antam Novambar, mengungkapkan kasus ini disidik selama berbulan-bulan lamanya. Yang menjadi pusat peredaran industri obat-obatan palsu ini adalah daerah Kalimantan.

Dia menjelaskan, obat tersebut jika dikosumsi akan memabukkan dan dapat menimbulkan tindak kriminalitas bagi penggunanya.

“Di Kalimantan bahkan ada laporan gara-gara obat ini sering terjadi tawuran antar pemuda,” ujar Antam di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2016).

Adapun jenis obat yang dipalsukan yakni merk Tramadol, Trihexipendyl, Somadryl, Carnophen, Heximer 2. “Obat-obat itu kini sudah disita oleh pihak kepolisian,” katanya.

Selain mengamankan barang bukti, Bareskrim juga mengamankan 15 orang saksi. Belum ada tersangka dalam perkara tersebut, hanya saja ke 15 saksi itu masih diperiksa oleh penyidik Bareskrim untuk keperluan pengembangan kasus tersebut. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.