Jumat, 30 Oktober 20

Bareskrim Polri Tangkap Tersangka Pembuat Vaksin Palsu

Bareskrim Polri Tangkap Tersangka Pembuat Vaksin Palsu
* Ilustrasi.

Jakarta, Obsessionnews.com – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri telah menangkap seorang tersangka berinisial R di Jakarta yang diduga terlibat dalam pembuatan vaksin palsu.

“Tadi malam kami menangkap satu tersangka baru, seorang laki-laki berinisial R. Kami menangkapnya di Jakarta Timur,” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

R berperan sebagai distributor vaksin palsu di Jakarta. Dengan demikian, hingga saat ini ada 16 tersangka yang diamankan dalam kasus praktik peredaran vaksin palsu.

Agung menambahkan bahwa tersangka R merupakan jaringan tersangka M dan T yang telah lebih dulu ditangkap di Semarang.

Dalam kasus ini, diketahui ada empat komplotan pembuat vaksin palsu, yakni tersangka P ditangkap di Puri Hijau Bintaro, tersangka HS ditangkap di Jl. Serma Hasyim Bekasi Timur, tersangka pasangan suami istri (pasutri) Rita Agustina dan Hidayat Taufiqurahman  yang ditangkap di Kemang Regency, serta tersangka M dan T ditangkap di Semarang.

Dari usaha vaksin palsu, terungkap bahwa produsen bisa memperoleh keuntungan hingga Rp25 juta per pekan. Sementara pihak distributor meraup keuntungan Rp20 juta per pekan. Agung mengatakan vaksin-vaksin palsu itu didistribusikan di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Semarang (Jawa Tengah), Yogyakarta, dan Medan (Sumatera Utara). Mereka para pelaku sudah menggeluti usaha ini sejak 2003. (Purnomo, @kapoy76)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.