Senin, 6 Februari 23

Bareskrim Pertanyakan Kejagung Hentikan Kasus Novel

Bareskrim Pertanyakan Kejagung Hentikan Kasus Novel

Jakarta, Obsessionnews – Bareskrim Mabes Polri mempertanyakan kasus penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Novel Baswedan yang dihentikan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Div Humas Polri, Brigjen Agus Rianto menjelaskan pihaknya telah melakukan prosedur yang sesuai terkait penanganan perkara tersebut mulai dari penyelidikan hingga merampungkan penyidikan.

“Kalau (Kejaksaan) sekarang ada menyatakan bukti enggak cukup atau kadaluarsa, bagaimana saat (Kejaksaan) menerbitkan atau menyatakan berkas sudah P21 atau dinyatakan lengkap?” ujar Agus di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Walaupun demikian, Polri tetap menghormati keputusan yang diambil Kejaksaan untuk tak melanjutkan perkara ini ke meja hijau.

Agus pun tak menyesalkan keputusan tersebut. Pasalnya tugas Polri sudah selesai dalam perkara ini karena berkas penyidikan telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan.

Agus menyampaikan, Kejaksaan sudah limpahkan berkas tersebut ke pengadilan, sudah tetapkan juga pada hari sidang.

“Kenapa (berkas) ditarik lagi? Boleh enggak ditarik kembali? Itu tanya kejaksaan. Jika suatu kasus sudah P21 dan lengkap, tuntas pekerjaan Polri, terkait penghentian perkara itu tanya ke Kejaksaan,” terangnya.

Menurut Agus, Polri tak akan mencari bukti baru atau novum untuk melengkapi berkas tersebut karena perkara itu telah dilimpahkan ke Kejaksaan bahkan telah dinyatakan lengkap.

“Kami sudah limpahkan dan sudah P21, mencari bukti apalagi? Ya enggak perlu dong. Polri menghormati keputusan Kejaksaan terkait Novel,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jaksa agung Muda Pidana Umum (Jampidum), Noor Rachmad telah menghentikan tuntutan terhadap perkara tersebut. Yang melatarbelakangi kasus itu dihentikan adalah yang pertama tidak cukup bukti dan yang kedua karena kasus tersebut sudah kedaluarsa. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.