Jumat, 27 Mei 22

Bareskrim Periksa Empat Saksi Kasus Pelindo II

Bareskrim Periksa Empat Saksi Kasus Pelindo II

Jakarta, Obsessionnews – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri memeriksa empat saksi dari PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) terkait kasus dugaan korupsi pengadaan mobile crane. Keempat saksi yang dipanggil tersebut adalah Juli Tarigan, Kurnia Jaya, Devis Saraswati dan Tjandra Martoenoes.

“Semua dari bagian pengadaan. Yang terakhir (Tjandra), adalah kepala biro pengadaan saat itu,” ujar Kepala Subditektorat Tindak Pidana Pencucian Uang Ekonomi dan Khusus Komisaris Besar Golkar Pangraso di Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Dia juga mengatakan, pemeriksaan dilakukan terkait proses pengadaan mobile crane yang dibeli dari Guangxi Narishi Century Equipment Co. Ltd. Penyidik menduga pengadaan tersebut menyalahi prosedur sehingga merugikan negara sebesar Rp45 miliar.

Sekedar diketahui, Kejaksaan Agung telah memastikan nama Ferialdy Noerlan telah ditetapkan sebagai tersangka kasus ini. Hal tersebut diketahui dari Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikirimkan Polri. Ferialdy diketahui merupakan Direktur Operasi dan Teknik Pelindo II saat ini.

Sebanyak 10 mobile crane yang diadakan perusahaan tersebut pada 2013 semestinya dikirimkan ke delapan pelabuhan. Namun penyidik kepolisian menemukan hingga tahun ini barang- barang tersebut belum dikirimkan.

Kasus ini menjadi sorotan publik saat penggeledahan kantor Pelindo II. Penggeledahan tersebut sempat gaduh dan diprotes oleh Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino, yang kemudian ‘mengadu’ kepada Kepala Bappenas Sofyan Djalil. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.