Jumat, 12 Agustus 22

Bareskrim Fokus Kejar Sisa Aset Eks Bank Century, Bukan Buronannya

Bareskrim Fokus Kejar Sisa Aset Eks Bank Century, Bukan Buronannya

Jakarta, Obsessionnews – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri sedang melakukan pengejaran terhadap sisa aset eks Bank Century.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Victor Edi Simanjuntak memastikan, penyidik kepolisian hanya fokus mengembalikan uang negara, bukan menangkap kedua buron warga asing pemegang saham Bank Century yaitu Hesyam Al Warraq dan Rafat Ali Risvi.

“Ya, kami hanya fokus kejar asetnya, karena sulit dan rumit juga menangkap mereka,” ujar Victor di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

selain itu, Bareskrim juga melakukan penundaan untuk mengejaran sisa aset eks Bank Century tersebut. Yang rencananya, terbang ke Swiss untuk membahas sisa aset Pada Rabu (29/7) kemarin.

“Harusnya kemarin ke Swiss. Tapi koordinasi Kemenkumham dan LPS, di Swiss itu hari libur mereka, jadi kita tunda,” katanya.

Namun, Victor tidak dapat memastikan penundaan itu berakhir kapan. Yang jelas, penyidiknya telah siap untuk bekerja mengembalikan uang hasil tindak pidana pencucian uang tersebut ke kas negara.

Sekedar untuk diketahui, Aset yang dikejar yakni aset senilai US 156 juta Dollar milik dua warga asing pemegang saham Bank Century, Hesyam Al Warraq dan Rafat Ali Risvi. Aset itu terdaftar dengan nama Telltop Holdings Ltd dan disimpan di Dresdner Bank (Swiss).

Pengembalian aset merupakan perintah dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat saat memutus bersalah kedua orang tersebut. Selain menyita aset, keduanya didakwa 15 tahun penjara dan denda Rp 15 miliar subsider enam bulan penjara. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.