Kamis, 9 Desember 21

Bareskrim Dalami Peran Agen Travel Berangkatkan 177 Haji Via Filipina

Bareskrim Dalami Peran Agen Travel Berangkatkan 177 Haji Via Filipina

Jakarta, Obsessionnews.com – Bareskrim Mabes Polri telah mengirim tim untuk menyelidiki tujuh travel yang memberangkatkan 177 jemaah haji asal Indonesia saat hendak berangkat haji melalui Filipina.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar berharap nantinya dari keterangan korban bisa didapatkan soal berapa sebenarnya travel yang memberangkatkan mereka. Termasuk data kongkrit dimana kantor dan siapa pemilik atau pengurus dari travel tersebut.

“Nanti ada tujuh atau delapan travel agen atau mungkin bertambah lagi. Itu akan didalami siapa pemiliknya, alamatnya. Kalau sudah didapatkan fakta kongkrit baru kami bergerak ke travel yang disebutkan,” ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/8/2016).

Sebelumnya, Bareskrim Mabes Polri telah mengirim tim ke Filipina untuk menyelidiki kasus 177 jemaah haji asal Indonesia yang menjadi korban penipuan saat hendak berangkat haji melalui Filipina.

“‎Tim Bareskrim sudah ke Manila hari ini,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri.

Keberangkatan tim ke Filipina yakni untuk mendapatkan informasi lebih lanjut khususnya dari para korban jemaah haji yang kini masih berada disana.

Boy mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemegang otoritas di Philipina untuk memeriksa para jemaah yang menjadi korban.

Menurutnya, pemeriksaan ini penting supaya bisa didapatkan bahan keterangan ‎untuk proses penyidikan selanjutnya.

“Semoga nanti keterangan para korban ini bisa semakin memperjelas posisi para agen travel yang memberangkatkan mereka,” kata Boy.

Seperti diketahui, 177 calon jemaah haji ilegal asal Indonesia ditahan pihak Imigrasi Filipina. Mereka diduga memanfaatkan sisa kuota haji yang diterima Filipina dari Pemerintah Arab Saudi.

Mereka ditahan di Pusat Tahanan Biro Imigrasi Camp Bagong Diwa Bicutan, Manila. Mereka ditangkap bersama lima warga Filipina yang membawa mereka ke maskapai Philipine Airlines untuk penerbangan ke Arab Saudi, Jumat, pekan lalu. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.