Kamis, 25 April 24

Bareskrim Akan Jemput Tersangka Otak Pembobolan ATM Sebanyak 5.500 Kali

Bareskrim Akan Jemput Tersangka Otak Pembobolan ATM Sebanyak 5.500 Kali

Jakarta, Obsessionnews – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pekan ini akan terbang ke Bosnia guna menjemput tersangka otak pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bernama Iliev Dimitar Nikolov yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Bulgaria.

Wadir Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipid Eksus) Kombes Agung Setya mengatakan, kelompok Iliev ini merupakan kelompok Bulgaria yang paling dicari atas merebaknya modus kejahatan skiming kartu pembayaran di Eropa.

Agung menjelaskan, Iliev dan kelompoknya membobol ATM warga dari berbagai negara di Eropa dengan melakukan penarikan di Bali. Europol mencatat kerugian atas modus kejahatan ini mencapai 1,5 miliar Euro.

Dia juga menyampaikan, kelompok Iliev menarik dana milik nasabah yang berada di Eropa dan negara lain di 509 ATM. “Dengan total penarikan sebanyak 5.500 kali,” ujar Agung di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/10/2015).

Seperti diketahui, penjemputan Iliev akan dipimpin oleh Dir Tipid Eksus Brigjen Bambang Waskito pada Jumat (23/10) pekan ini. Iliev dijemput setelah Pemerintah Bosnia mengabulkan permohonan ekstradisi yang diajukan Bareskrim untuk menjemput Iliev.

Agung mengatakan, Iliev yang merupakan otak dari kelompok dan sindikat pembobolan ATM di beberapa negara. Bersama komplotannya, Iliev membuat Indonesia masuk kategori negara yang dicurigai sebagai tempat pembobolan kartu ATM. Padahal pelakunya dari Eropa juga.

“Dalam hal ini Bulgaria, pelaku lainnya telah ditangkap 7 Februari 2015 para pelaku menjadi buronan Europe Police karena kejahatannya, mereka merugikan masyarakat di berbagai negara di Eropa sangat besar,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.