Minggu, 22 Mei 22

Barcelona vs Juventus, Menang Siapa?

Barcelona vs Juventus, Menang Siapa?

Mayoritas pasang mata pencinta sepakbola bakal tertuju ke Camp Nou, Rabu (13/9) dini hari WIB, ketika Barcelona menjamu Juventus di matchday perdana Grup D Liga Champions. Ya, musim baru kompetisi terelite Eropa itu akan langsung dibuka oleh sebuah pertandingan kelas berat.

Liga Champions 2017/18 langsung dibuka dengan partai megah di Camp Nou kala tim tuan rumah ditantang finalis musim lalu.

Barcelona dan Juventus memang dijagokan untuk lolos dari grup yang juga berisikan Sporting CP dan Olympiakos ini. Masalahnya, duo raksasa Spanyol dan Italia ini sama-sama berambisi keluar sebagai pemuncak Grup D sehingga raihan tiga poin di partai pembuka ini bisa sangat krusial untuk mencapai target itu.

Baik Barca maupun Juve sudah saling memahami kekuatan dan kelemahan masing-masing, mengingat dalam beberapa tahun terakhir mereka sudah sering bertemu. Setelah kalah 3-1 dari Barcelona di final Liga Champions 2014/15, Juventus membalas dengan menyingkirkan rivalnya itu dengan skor agregat 3-0 di perempat-final musim lalu.

Kemenangan 2-1 Barcelona atas Juventus di turnamen pramusim ICC 2017 pada Juli lalu memang tidak bisa menjadi tolak ukur. Namun melihat kondisi terkini, tim tuan rumah boleh sedikit lebih diunggulkan. Blaugrana menyambut laga ini dengan motivasi tinggi berkat kemenangan 5-0 atas Espanyol akhir pekan lalu yang juga menandai dimulainya era trio Messi-Suarez-Dembele.

“Tahun lalu Juventus membuat banyak masalah bagi kami jadi kami harus hati-hati. Partai ini akan berlangsung intens. Kami akan memulai aksi di Liga Champions dengan antusiasme yang positif. Kami baru saja menang 5-0 dalam derby, namun kami juga harus meraih tiga poin melawan Juventus,” seru pelatih Barca Ernesto Valverde.

Valverde sangat mungkin untuk kembali memasang trio MSD guna mengeskploitasi pertahanan Juventus yang terlihat rapuh sepeninggal Leonardo Bonucci, cedera yang dialami Giorgio Chiellini, serta belum fitnya Alex Sandro dan Bendikt Howedes. Itu belum termasuk absensi pemain lain seperti Sami Khedira, Claudio Marchisio, Mario Mandzukic, dan Juan Cuadrado (suspensi).

Juventus siaga satu hadapi Lionel Messi dkk. (goal.com)

Dengan skuat yang terbatas tersebut, bos Bianconeri Massimiliano Allegri tetap optimistis bisa mencuri poin di Camp Nou. Ia bahkan meminta Paulo Dybala dkk. untuk bermain agresif ketimbang menaruh fokus pada lini belakang.

“Kami belum berada di kondisi puncak. Target, seperti biasa, adalah berjuang sepenuhnya. Esok kami harus mencetak gol, dan mencatatkan clean sheet ketiga lawan Barcelona akan sulit. Kami harus bermain dengan antusiasme yang luar biasa,” katanya.

 

SUSUNAN PEMAIN:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Umtiti, Pique, Alba; Iniesta, Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Dembele.

Juventus (4-2-3-1): Buffon; De Sciglio, Chiellini, Rugani, Alex Sandro; Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Dybala, Bernardeschi; Higuain

 

TAHUKAH ANDA?

  • Barcelona hanya menang sekali dari enam laga kompetitif terakhir melawan Juventus (M1 S2 K3), yakni di final Liga Champions 2014/15 (3-1).
  • Barcelona mampu memenangi 19 dari 21 partai kandang terakhir di Liga Champions. Kekalahan terakhir mereka di Camp Nou terjadi di semi-final 2012/13 kontra Bayern Munich (0-3).
  • Barcelona mampu memenangi empat titel Liga Champions dalam 12 musim terakhir. Dalam periode yang sama, Real Madrid mengoleksi tiga titel. Sementara Juventus adalah tim yang paling sering menelan kekalahan di final Liga Champions (kalah tujuh kali dari sembilan final).
  • Lionel Messi telah mengemas 94 gol di Liga Champions, terbanyak kedua di belakang Cristiano Ronaldo (105). Di musim lalu, Messi mencetak 11 gol, dengan 10 gol di antaranya terjadi di fase grup.
  • Gonzalo Higuain hanya mencetak empat gol dari 27 laga terakhir di fase gugur Liga Champions, namun mampu membikin 13 gol dari 38 laga fase grup. Musim lalu menjadi musim terproduktifnya di kompetisi ini dengan mencetak lima gol.
  • Barcelona menjadi klub keempat Ernesto Valverde di Liga Champions setelah Olympiakos, Valencia, dan Athletic Bilbao. Pencapaian terbaik Valverde di kompetisi ini adalah babak 16 besar.

 

LIGA CHAMPIONS : Barca vs Juve

  • Tanggal : 13 September 2017
  • Pukul : 01.45 WIB
  • Stadion : Camp Nou, Barcelona

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA:

Barcelona 2-1 Juventus

LIMA LAGA TERAKHIR

Barcelona

Juventus

REKOR PERTEMUAN

PREDIKSI

Prediksi Pertandingan

Tiga Prediksi Tertinggi
FC BarcelonaFCB  2 – 0  Juventus FCJUV
FC BarcelonaFCB  2 – 1  Juventus FCJUV
FC BarcelonaFCB  1 – 2  Juventus FCJUV
Sumber: GOAL.com
Baca Juga:

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.