Selasa, 19 Oktober 21

Barcelona Gabung Liga Inggris, Arsenal Bisa Terjegal?

Barcelona Gabung Liga Inggris, Arsenal Bisa Terjegal?

Muncul wacana potensi bergabungnya Blaugrana ke Liga Primer apabila Catalunya resmi berpisah dengan Spanyol.

Arsene Wenger memberikan pandangan negatif terhadap isu potensi Barcelona bermain di Liga Primer Inggris yang dianggapya akan merugikan Arsenal.

Di tengah situasi politik yang memanas soal rencana pemisahan Catalunya dengan Spanyol, menteri olahraga wilayah tersebut Gerard Figueras mengindikasikan bahwa tiga klub La Liga, Barcelona, Espanyol dan Girona bisa bermain di negara lain apabila proses referendum berhasil dimenangkan.

Dan Liga Primer pun muncul sebagai salah satu potensi destinasi Barcelona, namun rencana Wenger dengan nada bercanda menuturkan bahwa kedatangan Blaugrana bisa membuat Arsenal semakin sulit untuk menjadi juara untuk kali pertama sejak 2004 lalu.

“Jika Barcelona ingin bergabung dengan Liga Primer, maka itu berarti akan menjadi lebih sulit untuk memenangkan titel! Saya akan mencoba belajar bahasa Catalunya!,” ujar Wenger kepada reporter.

“Tapi saya pikir mereka tak akan pergi sejauh itu. Sebuah situasi yang menarik karena hal tersebut merupakan perkembangan yang akan memiliki dampak bagi sisi olahraga.”

“Barcelona adalah klub yang sangat politis dan akan menarik bagaimana mereka merespons [situasi sekarang ini],” lanjut sang manajer Arsenal.
“Tapi kami memiliki kontestan yang cukup di sini, 20 tim dan mereka menginginkan jumlahnya bertambah menjadi 24.”

Lebih lanjut, sang juru taktik berusia 67 tahun asal Prancis tersebut justru lebih menerima apabila ada klub yang bergabung dari Skotlandia, Celtic dan Rangers seperti yang juga pernah diberitakan beberapa waktu lalu.

“Sebelumnya, kami harus terlebih dahulu menerima kedatangan klub-klub Spanyol sebelum menyambut satu yang dari Spanyol,” tukas Wenger.

Barca Bisa Bermain di Italia, Inggris atau Prancis
Andai Catalan melepaskan diri dari Spanyol, raksasa Camp Nou Barcelona bersama Espanyol dan Girona punya opsi menjauh dari La Liga.

Barcelona bisa menjajaki kemungkinan bermain di Liga Primer Inggris, Ligue 1 Prancis atau Serie A Italia andai kemerdekaan Catalan menjadi kenyataan.

Referendum digelar pada Minggu (1/10/2017), dengan kemungkinan Catalan menjadi negara berdaulat.

Barcelona, Espanyol dan Girona sekarang dihadapkan pada ketidakpastian masa depan namun menurut Gerard Figueras banyak opsi yang bisa dijajaki.

“Andai merdeka, tim Catalan di La Liga seperti Barcelona, Espanyol dan Girona bebas memutuskan di mana akan bermain. Di Liga Spanyol atau negara lain seperti Italia, Prancis atau Liga Primer.”

“Di Spanyol ada tim yang bermain dari negara luar seperti klub dari Andorra di kompetisi sepakbola dan bola basket. Monaco bermain di Prancis. Di Inggris tim-tim Wales beraksi di sana. Saya pikir UEFA tidak akan melarang.”

Sejumlah lain berpendapat Barca akan menjadi bagian La Liga meski ada indikasi dari Spanyol menyatakan sebaliknya.

“Dalam olahraga aturannya harus tegas, tidak bisa sesuai pesanan. Tim-tim Catalan tidak akan bisa bermain di La Liga, saya berharap tidak demikian.”

Terkait klub, Barcelona sendiri bersikap menunggu sebelum mengambil langkah ke depan.

“FC Barcelona menaruh hormat pada anggota klub, dan akan mendukung keinginan mayoritas rakyat Catalan dan memperlihatkannya dengan cara-cara beradab, damai dan yang bisa diteladani.”

Pasukan Ernesto Valverde sekarang mencatat delapan kemenangan beruntun di semua kompetisi. (goal.com)

Baca Juga:

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.