Kamis, 26 Mei 22

Banyak Peminatnya, Warga Binaan Rutan Kebumen Kreatif Buat Rak Bunga

Banyak Peminatnya, Warga Binaan Rutan Kebumen Kreatif Buat Rak Bunga
* Rak bunga hasil kreasi warga binaan Rutan Kebumen. (Foto: Albar)

Kebumen, Obsessionnews.com – Warga binaan rumah tahanan (Rutan) kelas II B Kebumen, Jawa Tengah cukup kreatif. Disaat pandemi corona ini, mereka mampu memanfaatkan peluang untuk membuat kerajinan rak bunga yang terbuat dari besi. Hasilnya pun terlihat indah dan banyak diminati masyarakat.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Kebumen Ahmad Baihaqi mengatakan, bahwa rak bunga adalah produk terbaru yang dihasilkan dari kreativitas tangan para warga binaan. Mereka memahami bahwa rak bunga kini menjadi sesuatu yang banyak dicari masyarakat karena orang sekarang hobi mengoleksi tanaman hias.

“Rak bunga ini adalah produk terbaru kita dari warga binaan, karena kita tahu pandemi corona ini di luar banyak orang yang sekarang ramai mencari tanaman hias. Sehingga kebutuhan akan rak bunga juga begitu tinggi,” ujar Baihaqi saat ditemui di rutan, Senin (15/2/2021).

Baihaqi mengungkapkan, salah satu warga binaan ada yang punya ketrampilan hebat dalam hal mekanik, dan mengelas. Bukan hanya membuat rak bunga, mereka juga trampil memodivikasi motor bekas menjadi sesuatu yang mewah dan bernilai jual tinggi.

“Ada banyak ktrampilan atau kerajinan yang dibuat oleh para warga binaan. Ada yang ahli merakit motor, membuat kain batik, membuat lampu hias yang terbuat dari kulit bambu, dan yang terbaru memang rak bunga ini,” ucap Baihaqi.

Baihaqi bersyukur dari kreativitas ini muncul sesuatu hal yang positif. Warga binaan bisa diberdayaakan dengan baik untuk memperkuat skil, untuk bekal kehidupannya kelak setelah keluar dari tahanan. Hasilpun bisa dinikmati oleh para narapida untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

“Alhamdulilah sudah banyak yang keluar, dan terjual ke masyarakat. Hasilnya pun nanti juga ada perhitungannya. Memang tidak sepenuhnya buat mereka. Karena bahan materialnya kan dari kita nanti dihitung pemasukan dan pengeluaran berapa kemudian dibagi,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang ingin membeli produk kerativitas dari para warga binaan. Khususnya rak dan lampu hias, prosedurnya tidak sulit, cukup bisa memesan lewat website rutan Kebumen, atau bisa datang langsung ke rutan, untuk menanyakan langsung kepada tugas. Ia jamin kualitas bagus dan super.

“Dari sisi bentuk bagus tidak kalah dengan yang lain. Kualitas besi dan lasnya juga bagus kuat. Harga terjangkau bisa bersaing dengan yang ada di luar,” tandasnya.

Baihaqi menambahkan, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan BLK untuk membuat pelatihan-pelatihan untuk para warga binaan sehingga lebih banyak lagi mereka yang punya skil atau kreativitas dalam menciptakan produk-produk baru yang punya nilai jual tinggi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.