Sabtu, 4 Desember 21

Banyak Jalan di Kebumen Rusak, Peran Anggota DPRD Dipertanyakan

Banyak Jalan di Kebumen Rusak, Peran Anggota DPRD Dipertanyakan
* Kondisi jalan rusak di Desa Plumbon. (Foto: Imam K24)

Kebumen, Obsessionnews.com – Banyak jalan-jalan di Kebumen yang kini kondisinya rusak parah akibat musim hujan yang begitu tinggi. Kondisi ini banyak ditemukan di sejumlah desa di luar kota Kebumen. Jalan penuh lubang dan berair hampir menjadi pemandangan setiap hari tatkala bepergian ke luar kota Kebumen.

Salah satu yang bisa ditemui adalah jalan Utama di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung. Jika ingin bepergian ke sana, warga harus ekstra hati-hati karena jalan ke arah sana penuh dengan lubang dan genangan air. Kondisi ini tentu sangat menyulitkan mobilitas warga.

Kepala Desa Plumbon Agus Wiyono saat ditemui disela-sela kesibukannya mengatakan, kondisi jalan rusak di desanya sudah ada sejak 2018 lalu. Namun sampai akhir tahun 2020 ini belum juga ada perbaikan.

Padahal jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan tiga desa, yakni Desa Krakal, Plumbon dan Wadasmalang. Bahkan jalan itu bisa menghubungkan masyarakat sampai ke Kabupaten Wonosobo.

“Jalan rusak di wilayah desa kami sudah sejak 2018 lalu. Memang belum ada perbaikan, setiap tahun semakin parah tatkala musim penghujan tiba,” kata Agus saat ditemui di lokasi pada Minggu (27/12/2020).

Lokasi jalan rusak ada di tiga titik, yaitu berada di dukuh persawahan RW 05, dukuh Sumberan RW 06 dan Pekalongan RW 04. Agus menyatakan, pihaknya sebenarnya sudah pernah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten agar jalan rusak di desanya diperbaiki. Namun sampai saat ini usulan itu belum dipenuhi.

“Di pedukuhan pesawahan RW 05, sumberan RW 6, sama pekalongan RW 04, dan sebenarnya setiap tahun diusulkan ke pemerintah daerah akan tetapi belum ada tindak lanjutnya hingga saat ini,” imbuh Agus Yuwono.

Ia pun berharap ke depan agar pemerintah lebih memperhatikan jalan Kabupaten yang ada di desa Plumbon. Terlebih jalan ini menjadi akses roda perekonomian masyarakat. Ia menyebut masyarakat sangat tergantung pada penggunaan jalan di desanya.

“Banyak masyarakat yang lewat sini, karena disini merupakan jalur akses utama penghubung tiga desa dan diharapkan kedepan pemerintah lebih memperhatikan dengan segera membangun jalan ini,” pungkas Kades.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap kepada anggota DPRD Kabupaten yang terpilih dari daerah pemilihan Plumbon, Karangsambung untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat agar disampaikan ke pemerintah. Ia pun mempertanyakan kembali peran anggota DPRD yang diberikan kewenangan untuk menyuarakan kepentingan masyarakat.

Terlebih kata dia, ada anggota DPRD Kebumen dari wilayah pemilihan Plumbon yang bertugas yang membidangi persoalan infastruktur. Menurutnya, persoalan seperti ini hendaknya mendapat perhatian khusus dari anggota untuk ikut memperjuangkan apa yang selama ini dirasakan masyarakat.

“Hendaknya ada peran juga dari anggota untuk ikut menyuarakan apa yang selama ini menjadi persoalan yang dirasakan masyarakat. Perlu kerja sama dan uluran tangan dari semua pihak,” jelasnya.

Kondisi jalan rusak di Kebumen diketahui sekitar 60 persen. Kebanyakan jalan rusak bisa ditemui di luar kecamatan Kebumen. Terlebih jalan di wilayah perbatasan dengan kabupaten tetangga. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.