Jumat, 26 April 24

Banyak Fasilitas Taman Wisata Kambang Iwak Besak yang Rusak

Banyak Fasilitas Taman  Wisata  Kambang  Iwak  Besak yang Rusak

Palembang – Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga fasilitas publik menyebabkan fasilitas di Taman Wisata Kambang Iwak Besak, Kota Palembang, Sumatera Selatan, banyak yang rusak. Yang rusak adalah ayunan, roda berputar, alat untuk fitness, dan lain sebagainya.

Kerusakan berbagai fasilitas tersebut tentu sangat memprihatinkan. Hal ini seharusnya tidak terjadi apabila masyarakat mempunyai kesadaran menjaga dengan baik segala bentuk fasilitas publik.

alat fitnes yang rusak
alat fitnes yang rusak

Taman Kambang Iwak Besak selalu ramai setiap hari. Taman ini memang menjadi tempat favorit bagi anak-anak kecil, remaja, dan orang dewasa dari seluruh penjuru Palembang. Mereka berkumpul setiap pagi sampai malam hari.

Di taman yang nyaman ini terdapat restoran dan kafe. Restoran dan kafe tak sekadar untuk makan dan minum, namun juga dijadikan tempat untuk berkumpul.

Fasilitas yang terdapat di Taman Kambang Iwak Besak meliputi jogging track untuk lari dengan mengelilingi kolam sepanjang 815 meter, arena outbond, ayunan, roda berputar, fitnes, internet gratis dengan fasilitas Wifi.

Yoto Prasetyo, seorang pengunjung, mengatakan, ia dan teman-temannya sering berkunjung ke taman untuk bersantai ria pada akhir pekan dan hari libur nasional. “Taman ini kebanggaan warga Palembang. Saya menyayangkan banyak fasilitas di sini yang rusak. Saya berharap Pemkot Palembang secepatnya memperbaiki fasilitas yang rusak,” katanya kepada obsessionnews.com, Selasa (6/1/2015).

Yoto Prasetyo
Yoto Prasetyo

Taman Kambang Iwak Besak merupakan peninggalan kompeni Belanda. Tak diketahui persis apa nama taman ini di zaman Belanda. Namun, yang jelas taman ini diperuntukkan bagi warga Belanda yang bermukim di sekitar taman sebagai sarana rekreasi keluarga. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemukiman warga Belanda di sekitar taman.

Tahun 2008 dan 2010 Kementerian Lingkungan Hidup menobatkan Kambang Iwak Besak sebagai taman kota terbaik di Indonesia. Sebelumnya pada 2007 mendapat penghargaan Piala Adipura sebagai taman kota terbaik. Namun, semua penghargaan itu seakan tidak berarti apabila masyarakat tidak dapat menjaga semua fasilitas publik yang ada di taman ini dengan baik. (Chief Hanif)

Related posts